http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 18 Maret 2014

Model Pembelajaran IPS Untuk SD

Model Pembelajaran IPS SD - Ilmu pengetahuan sosial merupakan salah satu ilmu wajib yang diajarkan pada peserta didik di tingkat sekolah dasar. Ilmu ini dinilai sangat penting untuk dipelajari oleh para peserta didik di tingkat dasar agar mereka dapat memiliki kesiapan yang lebih matang saat mereka nanti tumbuh dewasa dan memiliki peranan yang lebih nyata saat mereka berada di lingkungan masyarakat secara langsung. Bukan hanya itu dengan diajarkannya pelajaran ini di tingkat sekolah dasar maka juga akan mengajarkan kepada para peserta didik tentang apa yang terdapat di negaranya yang menjunjung tinggi nilai sosial dan budaya yang dengan kenyataan tersebut maka sangat diharapkan agar menumbuhkan rasa dan jiwa nasionalisme, patriotism yang tinggi dalam diri para peserta didik.

Untuk mencapai sebuah kegiatan pembelajaran yang baik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini di sekolah dasar tentu membutuhkan sebuah model pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran lain yang ada saat ini. Ilmu pengetahuan Sosial lebih mengarahkan kepada para peserta didik untuk lebih peka terhadap lingkungannya terutama untuk peserta didik di Indonesia yang kental dengan masyarakat yang multikultural yang memiliki berbagai macam perbedaan yang menyatu dalam kelompok masyarakat yang heterogen. Dalam memilih model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini di sekolah dasar tentunya harus memperhatikan berbagai macam hal yang di antaranya telah saya rangkum pada ulasan berikut.

Penekanan pada nilai-nilai sosial secara langsung. Seperti yang saya katakana di atas bahwasanya Indonesia merupakan Negara dengan keadaan masyarakat yang multikultural. Dan ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang baik dengan cara mengajarkan bagaimana menyatu dalam masyarakat yang beragam tersebut. Sehingga model pembelajaran yang digunakan harus mengarah padanya.

Indonesia kaya akan peninggalan sejarah bangsa. Baik dalam jaman kerajaan maupun pada masa perjuangan memiliki nilai historis yang tinggi. Dan hal ini dapat diterapkan model pembelajaran yang observatif yang nantinya akan membuat para peserta didik lebih mengenali negaranya.

Yang terakhir adalah model pembelajaran yang diterapkan haruslah menarik, kreatif dan inovatif. Seorang tenaga pendidik haruslah mengerti kapan dirinya dapat menerapkan sebuah model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang dipandunya.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentangnya, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5