http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 13 Maret 2014

Menyimak Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran Berbasis Proyek - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang terus menerus dikembangkan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Ini karena kegiatan pembelajaran yang merupakan sebuah kegiatan alih informasi dan ilmu dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya ini memiliki tujuan utama untuk membentuk sumber daya manusia yang siap dalam menjalani kehidupannya di kemudian hari. Dengan hal tersebut maka menuntut kita semua untuk memperhatikan lebih jauh tentang kegiatan pembelajaran tersebut. Salah satunya yang akan kita bahas pada ulasan berikut adalah mengenai sebuah metode pembelajaran yang cukup unik yakni pembelajaran berbasis proyek. Seperti apakah pembelajaran berbasis proyek ini? Untuk mendapatkan keterangan selengkapnya maka anda dapat membacanya pada ulasan berikut.

Pembelajaran berbasis proyek ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran di mana para peserta didik dituntut untuk dapat menyelesaikan sebuah proyek yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang diterima baik secara individual maupun dalam kelompok – kelompok tertentu. Kegiatan pembelajaran seperti ini menekankan kepada seorang tenaga pendidik untuk aktif dalam mengondisikan situasi yang kondusif bagi jalannya proyek pembelajaran yang dihadapi oleh para peserta didiknya. metode pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan jika kita membandingkannya dengan metode pembelajaran yang lain.

Pertama jika kita mengamati lebih dalam tentang kegiatan pembelajaran berbasis proyek ini maka kita akan mendapati seorang peserta didik akan lebih aktif dalam mempelajari sebuah materi pembelajaran sehingga mereka dapat memecahkan masalah tersebut dan dapat menyelesaikan proyek yang dibebankan kepada mereka. Pembelajaran proyek ini biasanya sering kali dilakukan oleh para peserta didik dalam bentuk tugas kelompok. Dengan hal tersebut maka akan terjalin komunikasi antara para peserta didik yang satu dengan yang lain dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi. Sehingga dengan hal semacam ini maka metode ini akan sangat baik karena akan mengajarkan kepada para siswa tentang bagaimana cara menghadapi masalah bersama dengan kelompoknya.

Kekurangannya terletak pada ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang proyek yang dibebankan tersebut. Selain itu juga terdapat pada banyaknya materi pelajaran yang harus dikuasai oleh para peserta didik nampaknya tidak memungkinkan untuk menerapkan metode ini pada semua pelajaran. Karena hal itu malah akan memberatkan bagi mereka.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5