http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 23 Maret 2014

Menyimak Metode Pembelajaran IPS yang Baik

Metode Pembelajaran IPS - Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan Sosial di sekolah haruslah dibedakan dengan pembelajaran lainnya. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial ini seperti yang kita ketahui bahwa pembelajarannya mengarah pada sosial budaya yang berkembang di masyarakat kita. Terlebih untuk Indonesia, Negara kita. Yang kaya akan keadaan dan keberagaman sosial budaya masyarakatnya tentu akan menjadi sebuah pembelajaran yang sangat baik bagi setiap individu yang ada di dalamnya. Keadaan sosial budaya yang sangat baik tersebut sejatinya dapat kita manfaatkan sebagai salah satu upaya yang baik dalam meningkatkan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi para peserta didik di sekolah.

Saat kita membicarakan tentang pembelajaran. Terutama menyangkut pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini mungkin yang terlintas dalam benak kita adalah mengenai metode apa yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan di sekolah. Karenanya maka pada ulasan berikut ini saya sengaja akan mengajak anda untuk memperbincangkan

berbagai hal menarik dan informatif mengenai metode pembelajaran yang layak untuk dikembangkan pada metode pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Dan kesemuanya telah saya rangkum pada ulasan di bawah ini yang dapat anda nikmati di sela waktu luang yang anda miliki. Selamat membaca.

Metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial yang pertama yang baik untuk diterapkan adalah metode cerita atau penyampaian materi secara langsung dari tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Metode ini sangat baik untuk diterapkan kepada para peserta didik di awal pembelajaran seperti misalnya saja ketika pembelajaran sejarah kebudayaan bangsa. Maka seorang tenaga pendidik dapat mengawalinya dengan mengemas materi pelajaran yang banyak tersebut menjadi sebuah cerita yang menarik bagi para peserta didiknya.

Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial atau dapat kita artikan selalu berhubungan dengan yang namanya masyarakat. Karenanya dalam pembelajaran Ilmu ini sangat ditekankan untuk melakukan praktek secara langsung. Semisal pada saat pembelajaran ekonomi maka seorang tenaga pendidik dapat mengajak peserta didiknya untuk melakukan pembelajaran di pusat ekonomi terdekat. Misalnya saja pasar.

Observasi lapangan pun akan sangat menarik menjadi metode pembelajaran ilmu ini. Indonesia sangat kaya akan peninggalan sejarah yang tersimpan di museum maupun situs bersejarah lainnya. Dengan hal tersebut metode observasi akan sangat baik diterapkan pada peserta didik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan tentang pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini, semoga memberi manfaat untuk anda.
Rating: 4.5