http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 23 Maret 2014

Mengetahui Seluk Beluk Kurikulum Berbasis Kompetensi

Pada bahasan kami kali ini adalah Mengetahui Seluk Beluk Kurikulum Berbasis Kompetensi yang merupakan sebuah metode pembelajaran yang telah di terapkan di seluruh negeri kita tercinta ini. KBK ini mulai di perkenalkan dan mulai di terapkan pada tahun 2004. KBK ini muncul karena dengan berjalannya sebuah arus untuk melakukan sebuah pembaharuan di dalam pendidikan serta tata cara pembelajaran yang telah di laksanakan dari dulu sebelum tahun 2004 tidak pernah ada perubahan sedikitpun. Pendidikan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang memiliki contoh real dari hasil perubahan dan hal ini bisa di maksudkan untuk mencapai tujuan yang dapat memajukan sebuah kualitas pendidikan yang menjadi lebih berkualitas.

Pada saat ini dunia semakin berkembang dan semakin maju. Sebuah teknologi dan berbagai informasi telah berkembang dengan cukup pesat. Maka di dunia pendidikanpun juga harus di imbangi dengan sebuah peningkatan mutu pendidikan. Maka dalam konteks ini di perlukan sebuah pembaharuan di dalam bidang pendidikan serta pembelajaran yang selalu dapat dilaksanakan dan juga tidak pernah berhenti. Pendidikan dan juga pembelajaran KBK ini merupakan contoh hasil dari sebuah perubahan yang dimaksudkan dan dengan tujuan untuk dapat selalu meningkatkan kualitas dari pendidikan serta pembelajaran.

Pendidikan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) ini menekankan di setiap kemampuan individu yang perlu dimiliki oleh setiap lulusan jenjang pendidikan. Dan Kompetensi yang sering kali disebut standar kompetensi ialah sebuah kemampuan dimana yang secara umum merupakan keharusan untuk dapat dikuasai oleh setiap lulusan. Kompetensi ini menurut Hall dan juga Jones merupakan pernyataan untuk menggambarkan penampilan dari suatu kemampuan tertentu dan secara bulat yang notabene perpaduan antara pengetahuan serta kemampuan yang bisa diamati dan diukur. Pada Kompetensi atau kemampuan lulusan ini adalah modal yang paling utama untuk dapat selalu bersaing pada tingkat global, sebab bagaimanapun juga sebuah persaingan yang terjadi ialah pada sebuah kemampuan SDA atau sumber daya manusia.

Dan Oleh sebab itu, untuk penerapan dari pendidikan KBK ini diharapkan akan dapat dan mampu menghasilkan lulusan yang bisa berkompetisi pada tingkat global. Serta sebuah Implikasi pendidikan yang berbasis kompetensi ialah pengembangan silabus serta sistem penilaian yang berbasiskan kompetensi.

Demikian artikel kami tentang Mengetahui Seluk Beluk Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Rating: 4.5