http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 19 Maret 2014

Mengenal Strategi Pembelajaran Kontekstual

Indonesia merupakan sebuah negara yang besar di dunia. Dengan bentangan pulau yang membentang dari sabang hingga merauke yang kaya akan sumber daya alam yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bukan hanya itu Indonesia juga dikenal dengan jumlah penduduknya yang besar. Ya seperti yang anda ketahui bahwa saat ini jumlah penduduk di Negara kita telah menempati urutan ke empat dalam jumlah penduduk terbesar di dunia. Dengan kenyataan seperti ini maka seharusnya dapat dimaksimalkan karena Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya anusia yang berlimpah. Namun kenyataannya sungguh berbeda karena ternyata Indonesia  masih memiliki penduduk dengan rata-rata pendidikan rendah.

Dengan kenyataan tersebut maka diperlukan pembenahan dalam segala hal terutama dalam hal pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang terjadi di sekolah-sekolah yang terdapat di Negara kita harus mendapatkan setuhan inovasi agar dapat berkembang seperti halnya kegiatan pembelajaran yang terdapat di Negara lain. Dalam hal ini kegiatan pembelajaran tersebut sangat baik untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki oleh Negara kita di masa yang akan datang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah strategi pembelajaran atau lebih tepatnya menyempurnakan strategi pembelajaran yang telah ada menjadi semakin baik dan efektif. Satu di antaranya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Seorang tenaga pendidik  akan lebih leluasa dalam memberikan pembelajaran kepada para peserta didiknya dengan menggunakan kegiatan pembelajaran semacam ini. Karena pada dasarnya pembelajaran kontekstual ini mendasarkan sebuah kegiatan pembelajaran pada apa yang terjadi saat ini dan ramai diperbincangkan oleh masyarakat luas. Sehingga dengan hal tersebut maka para peserta didik pun akan lebih mudah dalam memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya karena mereka mendapatkan contoh dari materi pembelajaran dari apa yang mereka  lihat, mereka dengar secara langsung . Tidak seperti pelajaran yang abstrak yang membuat mereka harus membayangkan dengan imaginasinya terlebih dahulu maka pada pembelajaran kontekstual ini memberikan contoh yang lebih nyata kepada para peserta didik.

Dengan diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual ini pada pembelajaran tertentu yang dapat dinalar oleh peserta didik dalam tingkatan tertentu maka kegiatan pembelajaran yang tercipta akan lebih kondusif dan efektif. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5