http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 15 Maret 2014

Mengenal Pembelajaran IPS SD

Pembelajaran IPS SD - Ilmu pengetahuan sosial merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan pada anak di sekolah dasar. Pelajaran ini mengajarkan jika kita tinjau secara mendalam maka akan mengajarkan pada anak tentang berbagai macam hal yang berguna nanti dalam kehidupannya. Pertama melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini di sekolah maka seorang anak akan belajar mengenai perannya sebagai makhluk sosial dan seorang anak tersebut nantinya akan dapat mengerti tentang perannya di masyarakat. Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini di Sekolah Dasar mengandung berbagai macam pokok pembelajaran yang di antaranya adalah mengenai pembelajaran ekonomi, sejarah, geografi dan lainnya. Dan dengan hal tersebut maka pembelajaran IPS ini di Sekolah dasar merupakan sebuah hal yang penting.

Dalam mewujudkan sebuah pembelajaran IPS di Sekolah dasar yang baik maka diperlukan berbagai macam hal yang mendukung terjadinya proses pembelajaran yang optimal tersebut. Seorang tenaga pendidik haruslah mampu memberikan pembelajaran sosial yang baik kepada para peserta didiknya. Dan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memaksimalkan media-media yang kiranya dapat digunakan dan dapat pula mendukung proses penyampaian ilmu pengetahuan sosial ini pada seorang anak terutama pada pembelajaran di sekolah dasar yang menggunakan pembelajaran konvensional atau penyampaian materi secara langsung. Dengan hal ini jelas peran seorang tenaga pendidik haruslah aktif.

Media pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial yang saya maksud di sini ada banyak sekali yang beberapa di antaranya akan saya sebutkan di bawah ini.

Media cetak. Seorang guru dapat menjadikan media cetak layaknya Koran maupun majalah sebagai salah satu media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang baik untuk anak seolah dasar. Wawasan sosial mereka akan tercukupi karena di dalam sebuah surat kabar banyak sekali terdapat berita.

Media elektronik seperti halnya televisi dan radio pun juga sangat baik untuk digunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ini pada anak. Misalnya saja seorang tenaga pendidik memberikan tugas kepada anak didiknya untuk mengamati tentang berita di televisi.

Selai hal tersebut juga memungkinkan untuk melakukan observasi secara langsung baik di museum, pasar atau di lingkungan masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5