http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 25 Maret 2014

Mengenal Definisi Metode Pembelajaran

Definisi Metode Pembelajaran - Dewasa  ini berbagai upaya telah dilakukan oleh semua pihak yang merasa peduli dengan pendidikan yang ada di tanah air khususnya. Pihak-pihak tersebut mencoba untuk menciptakan sebuah inovasi baru terkait dengan kegiatan pembelajaran yang diterima oleh para peserta didik di sekolah. Salah satunya adalah dengan cara menyosialisasikan kepada para tenaga pendidik agar mereka menggunakan metode pembelajaran yang lebih sesuai untuk diterapkan kepada para peserta didiknya saat pembelajaran berlangsung. Dengan hal ini jelas sekali bahwa demi berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang baik maka harus ada sebuah kesadaran dalam diri seorang tenaga pendidik untuk menciptakan sebuah inovasi yang positif terkait dengan metode pembelajaran yang mereka gunakan saat pembelajaran.

Sebelum membahas terlampau jauh tentang metode pembelajaran ini maka alangkah baiknya jika terlebih dahulu saya mengajak anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu definisi dari metode pembelajaran ini sendiri. Metode pembelajaran merupakan seperangkat rencana kegiatan yang tersusun secara sistematis yang merupakan sebuah gambaran yang tersusun
dari cara-cara yang akan digunakan oleh seorang tenaga pendidik saat kegiatan pembelajaran yang direncanakan berlangsung. Metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik pun kian bervariasi dan sebaiknya dalam penerapannya memang memerlukan kepekaan dari tenaga pendidik dalam memilih sebuah metode yang tepat agar pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan kondusif dan efektif.

Berikut ini saya merangkum beberapa metode yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajaran kepada  para peserta didik yang dimilikinya agar mereka dapat menerima pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya dengan baik. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Metode yang sering kali dianggap memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain adalah metode pembelajaran observatif. Metode ini seorang tenaga pendidik mengajak langsung kepada para peserta didiknya untuk terlibat di dalam lapangan tentang pelajaran yang tengah mereka terima. Atau secara singkat kita sebut dengan observasi lapangan.
Metode kontekstual. Metode ini menekankan kepada para tenaga pendidik untuk menjelaskan tentang sebuah hal terkait dengan pembelajaran yang dihubung-hubungkan dengan kejadian yang hangat dan menjadi fenomena di masyarakat sehingga para peserta didik dapat dengan lebih mudah mencermatinya.

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai definisi dan juga contoh dari metode pembelajaran ini, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5