http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 11 Maret 2014

Memaksimalkan Media Pembelajaran PKN

Media Pembelajaran PKN - Pembelajaran PKN atau yang merupakan singkatan dari pendidikan kewarganegaraan ini merupakan sebuah kegiatan yang penting untuk diterima oleh seorang anak didik dalam mengenali berbagai macam hal tentang urusan kenegaraan. Di dalam kegiatan pembelajaran PKN ini akan lebih mengutamakan untuk memberitahukan kepada seorang peserta didik agar mereka lebih mengetahui dan menghayati tentang peran yang dimilikinya sebagai warna Negara. Tentu dengan hal tersebut tak luput dari sebuah tujuan besar yang di antaranya adalah dengan meningkatkan perkembangan peserta didik dalam hal kecintaan terhadap Negara sehingga akan menumbuhkan seorang peserta didik yang ke depannya nanti memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dalam hal membela kedaulatan negaranya.

Sebuah kegiatan pembelajaran PKN ini di sekolah akan dapat terjadi dengan baik jika setiap unsur yang terdapat di dalamnya mampu mendukung terciptanya kegiatan pembelajaran tersebut. Pertama dari seorang tenaga pendidik yang memiliki kecakapan khusus dalam menyampaikan materi
pembelajaran PKN ini kepada para peserta didik juga kemampuannya dalam mengolah dan memaksimalkan materi pembelajaran PKN tersebut menjadi lebih menyenangkan dan mudah diterima peserta didik. Selanjutnya juga untuk meningkatkan minat para peserta didik dalam menerima pembelajaran kewarganegaraan tersebut maka diperlukan sebuah upaya yang konsisten dan terarah baik dari tenaga pendidik di sekolah maupun orang tua sebagai orang yang bertanggung jawab atas kegiatan peserta didik ketika di rumah.

Selain itu media pembelajaran yang baik juga akan sangat mendukung terciptanya sebuah kegiatan pembelajaran PKN yang baik yang di antaranya berikut ini telah saya rangkum beberapa media pembelajaran yang baik tersebut.

Buku pembelajaran yang baik dan menarik. Baik dan menarik di sini adalah tentang bagaimana penyajian materi PKN yang sedemikian rupa tersebut menjadi sebuah materi yang lebih sederhana dan mudah dimengerti misalnya saja dengan membuat bagan ataupun peta konsep.
Yang kedua seorang tenaga pendidik dapat juga mengenalkan kepada para peserta didik tentang sejarah bangsa. Bukan hanya melalui buku tetapi juga observasi secara langsung di tempat yang bersejarah semisal museum dan lain-lain.
Memanfaatkan media cetak maupun elektronik sebagai sumber informasi dan sebagai sumber pembelajaran yang baik bagi seorang peserta didik.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5