http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 21 Maret 2014

Media Pembelajaran SD yang Baik

Media Pembelajaran SD - Pembelajaran di tingkat dasar merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang teramat penting dalam kehidupan kita. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwasanya pembelajaran di tingkat dasar tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan  individu selanjutnya. Nah jika kita memperhatikan dengan seksama tentang pembelajaran tingkat dasar ini mungkin yang terlintas dalam benak kita tentang pembelajaran yang terjadi di Indonesia adalah tentang sekolah dasar. Ya sekolah dasar saat ini memang menjadi salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah secara langsung melalui program wajib belajar 9 tahun. Tentunya dengan kenyataan tersebut maka harusnya pendidikan di sekolah dasar menjadi bahan perhatian yang lebih intensif karena menentukan keberhasilan peserta didik nantinya.

Dalam mencapai sebuah pembelajaran SD yang berkualitas tentu bukan hanya mendasarkan pada teory dan kurikulum saja tetapi juga menyangkut elemen-elemen yang harus diperhatikan di dalamnya. Pertama yang harus kita perhatikan dalam pembelajaran tersebut adalah
ketersediaan seorang tenaga pendidik yang mumpuni yang dengannya mampu mengondisikan pembelajaran yang berlangsung dengan baik. Yang kedua tentu saja kesiapan para peserta didik dalam menerima pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik. Dan yang ketiga adalah ketersediaan sarana prasarana yang digunakan sebagai media pembelajaran.

Untuk permasalahan yang ketiga ini, yakni tentang media pembelajaran untuk sekolah dasar memang diperlukan campur tangan pemerintah untuk menyediakan fasilitas yang lebih memadai. Namun pada dasarnya selain mengandalkan sarana dan prasarana dari pemerintah akan sangat dituntut kepada seorang tenaga pendidik agar mampu melakukan inovasi dan menunjukkan kreativitasnya dalam mengolah apa yang ada menjadi media pembelajaran yang menarik untuk anak sekolah dasar. Seperti contohnya jika kita mengulik tentang model pembelajaran pailkem maka kita akan mendapatkan pembelajaran tentang alam. Nah di sini jelas sekali bahwa Indonesia kaya akan kekayaan alam dan itu bisa dimanfaatkan oleh tenaga pendidik yang kreatif dalam memberikan media pembelajaran yang lebih menarik, inovatif dan menyenangkan bagi para peserta didiknya. Jadi dengan demikian tidak ada alasan bagi para tenaga pendidik terhalang kegiatan pembelajarannya hanya karena keterbatasan media.

Demikian beberapa ulasan yang dapat saya  sampaikan, Semoga dengannya memberi banyak manfaat untuk anda.
Rating: 4.5