http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 10 Maret 2014

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembelajaran di Tanah Air

Sistem Pembelajaran - Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang teramat penting guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada dalam sebuah negara termasuk Indonesia. Karenanya maka kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas mengenai sebuah topik yang cukup menarik mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pembelajaran yang berlaku di Indonesia selama ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berlangsung dengan baik jika komponen yang berkaitan di dalamnya mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan kegiatan pembelajaran yang terjadi. Seperti halnya seorang tenaga pendidik dan juga para peserta didik yang sama-sama dituntut untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dengannya kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat berkembang dan semakin efisien.

Ketika kita mengamati kegiatan pembelajaran yang terdapat di tanah air maka kita akan mendapatkan banyak hal terkait dengan kelebihan yang ada padanya. Yang di antara beberapa kelebihan tersebut telah saya rangkum sebagai berikut.

Pertama sumber daya manusia di Indonesia sangat melimpah. Dengan kenyataan ini maka harusnya Indonesia memiliki sebuah kegiatan pembelajaran yang baik karena banyak manusia yang berpotensi untuk mengembangkannya.

Selain SDM yang banyak, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam dan juga kekayaan budaya yang tidak ternilai. Dari SDA dan juga kebudayaan inilah yang sebenarnya dapat kita maksimalkan untuk membuat sebuah pembelajaran yang berkualitas dan baik untuk anak negeri. Dan bahkan jika kita bisa mengolah budaya dan SDA tersebut dengan baik maka segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran akan berlangsung dengan baik pula.

Selanjutnya selain terdapat kelebihan juga tentunya masih terdapat kelemahan yang harus dibenahi dalam pembelajaran di Indonesia. Yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Melimpahnya sumber Daya manusia tersebut ternyata belum mampu menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas. Berkualitas di sini bukan secara personal tetapi pada kenyataan tentang tenaga pendidik secara umum. Masih banyak tenaga pendidik yang kurang aktif dan kurang mumpuni dalam bidang yang diajarkannya.

Kurangnya kesadaran untuk memadukan SDA dan budaya masyarakat dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang berciri khusus.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya tuliskan, semoga memberikan banyak manfaat bagi anda yang membutuhkannya.
Rating: 4.5