http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 08 Maret 2014

Kegiatan Pembelajaran yang Efektif

Kegiatan Pembelajaran yang Efektif - Pada ulasan berikut ini saya akan mengajak anda untuk membicarakan tentang sebuah bahasan yang menarik mengenai Kegiatan Pembelajaran. Apakah itu kegiatan pembelajaran? Kegiatan pembelajaran dapat kita artikan sebagai sebuah kegiatan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya. Kegiatan pembelajaran ini terjadi mengacu pada materi pembelajaran yang telah ditentukan sebelu kegiatan pembelajaran berlangsung. Dalam sebuah kegiatan pembelajaran terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan yang dengannya harus seimbang antara satu dan yang lainnya agar dapat memiliki peranan yang baik dalam menciptakan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif, yang diinginkan oleh semua orang di dunia ini. Karena itulah maka pada ulasan berikut ini saya telah merangkum beberapa komponen yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kaitannya degan terciptanya sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif.

Hal pertama yang menjadi sebuah komponen utama dalam kegiatan pembelajaran adalah adanya peserta didik. Peserta didik merupakan pelaku utama yang memiliki peran untuk belajar tentang materi pembelajaran yang diterima secara langsung dari penjelasan tenaga pendidik maupun materi pembelajaran yang didapat secara tidak langsung selama kegiatan pembelajaran melalui media semisal buku ataupun juga melalui pengamat secara langsung ke lapangan. Dengan hal tersebut maka kesiapan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Yang kedua adalah adanya materi pembelajaran. Seorang dapat belajar dengan baik walaupun sedang tidak bersama dengan tenaga pendidiknya karena dia mendapatkan materi pembelajaran yang baik melalui berbagai macam media. Terlebih untuk saat ini media pembelajaran ini kian bervariasi mulai dari buku, media elektronik hingga kecanggihan teknologi pun dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Yang ketiga adalah seorang tenaga pendidik yang mumpuni serta memiliki kecakapan dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Dalam hal ini seorang tenaga pendidik bukan hanya dituntut untuk menyampaikan materi pembelajaran saja tetapi juga membuat sebuah kondisi pembelajaran yang mendukung terjadinya kegiatan pembelajaran yang efektif bagi para peserta didiknya. Dengan seorang tenaga pendidik yang mengerti akan perannya tersebut maka akan tercipta kegiatan pembelajaran yang baik.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga memberikan banyak manfaat untuk anda yang membutuhkannya.
Rating: 4.5