http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 16 Maret 2014

Jenis Metode Pembelajaran yang Baik

Jenis Metode Pembelajaran - Agar dapat tercipta sebuah kondisi yang menunjang pembelajaran yang baik, yang dapat membuat para peserta didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya dengan baik maka diperlukan banyak hal yang harus kita perhatikan. Pertama yang menjadi bahan acuan tentang keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat terlaksana dengan baik adalah adanya seorang tenaga pendidik yang berkualitas, yang dengannya mampu melihat situasi dan kondisi yang di alami oleh para peserta didik selama pembelajaran sedang berlangsung. Selanjutnya juga tentang kesiapan para peserta didik dalam menerima pembelajaran tersebut. Nah di sini sangat penting tugas seorang tenaga pendidik untuk membantu para peserta didiknya agar dapat menerima pelajaran yang mereka sampaikan dengan baik. Setelah itu hal yang tak kalah penting adalah mengenai sarana prasarana yang ada dan mendukung selama kegiatan pelajaran berlangsung. Selain itu baru tentang metode yang dipakai oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan pembelajaran kepada para peserta didik yang dimilikinya.

Mengenai metode pembelajaran ini ada beberapa yang menurut saya paling baik dan paling sering digunakan oleh tenaga pendidik saat ini. Yang di antara beberapa metode tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama adalah metode konvensional atau yang biasa kita kenali dengan metode ceramah. Ini merupakan sebuah metode pembelajaran di mana seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran secara langsung kepada para peserta didik yang dimilikinya. Metode pembelajaran seperti ini sangat baik jika diterapkan pada peserta didik yang berada di Sekolah Dasar.

Lalu berkembang ke metode selanjutnya adalah tentang metode pembelajaran aktif. Nah dengan metode pembelajaran aktif ini sedikit berbeda dengan metode pembelajaran konvensional. Jika kita melihat peranan seorang tenaga pendidik dalam yang aktif dan dominan pada pembelajaran konvensional maka pada pembelajaran aktif ini menitikberatkan pada keaktifan para peserta didik tanpa menghilangkan tenaga pendidik sebagai pengontrol dan pengondisi jalannya pembelajaran.

Selanjutnya adalah metode pembelajaran Interaktif. Metode pembelajaran ini sebenarnya lahir dari gabungan antara metode konvensional dan aktif. Pada pembelajaran ini seorang tenaga pendidik dan peserta didik memiliki peranan yang relatif seimbang dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.
Rating: 4.5