http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 17 Maret 2014

Contoh Makalah Model Pembelajaran

Contoh Makalah Model Pembelajaran
Bab I
Pendahuluan
Latar Belakang
Pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting dalam kehidupan manusia. Pembelajaran memiliki fungsi utama sebagai penurunan nilai dan norma dari orang tua kepada anak juga sebagai penyalur atau transfer ilmu dan informasi dari tenaga pendidik kepada para peserta didik. Pada hakikatnya pembelajaran ini dapat kita artikan sebagai sebuah kegiatan belajar mengajar yang melibatkan berbagai komponen yang terkait seperti tenaga pendidik, peserta didik dan juga komponen lainnya. Jika kita melihat kenyataan saat ini pembelajaran ini telah mengalami perkembangan dan telah sedemikian bervariasi di masyarakat. Sehingga dengannya perlu untuk kita klasifikasikan berdasarkan ciri-ciri khusus yang terdapat padanya.

Rumusan masalah
1. Apa saja model pembelajaran yang efektif untuk digunakan saat ini?

Tujuan
1. Mengetahui model pembelajaran yang paling baik untuk diterapkan.

Bab II
Pembahasan
 Pembelajaran yang ada di masyarakat saat ini
telah sangat bervariasi yang dengannya perlu untuk kita kualifikasikan lebih lanjut agar dengannya kita dapat melakukan evaluasi pembelajaran  di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa model pembelajaran yang banyak diterapkan saat ini.

Model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional merupakan sebuah model pembelajaran yang paling banyak diterapkan oleh para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya khususnya lagi untuk pembelajaran setingkat SD hingga SMP. Ciri khusus dari pembelajaran ini adalah seorang tenaga pendidik aktif menyampaikan materi pembelajaran peserta didiknya secara langsung. Sehingga hal ini membuat pembelajaran ini dikenal dengan pembelajaran ceramah.
Model pembelajaran Kooperatif. Pada dasarnya model pembelajaran ini timbul dari sebuah pemikiran tentang keinginan agar para peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan mengajak mereka untuk melakukan kerja sama dalam kelompok-kelompok maka diharapkan mereka akan lebih aktif dalam menyampaikan gagasan yang mereka miliki sehingga diharapkan pembelajaran akan berlangsung efektif.
Model pembelajaran Paikem. Pada dasarnya model pembelajaran ini lebih menitikberatkan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik untuk para peserta didik dengan berbasis pada lingkungan. Artinya pada pembelajaran ini seorang tenaga pendidik bukan hanya menjelaskan kepada anak tentang materi yang ada di buku pelajaran saja tetapi juga mengajaknya untuk observasi secara langsung.

Bab III

  • Penutup
  • Kesimpulan

Model pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting untuk diperhatikan. Meski saat ini telah berkembang menjadi semakin bervariasi tetap saja peran tenaga pendidik adalah hal yang utama dalam mengondisikannya.
Rating: 4.5