http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 26 Maret 2014

Artikel Pembelajaran Kooperatif

Artikel Pembelajaran Kooperatif - Pembelajaran adalah sebuah kegiatan di mana seorang tenaga pendidik memberikan informasi atau ilmu kepada para peserta didiknya atau dapat kita katakan bahwa pembelajaran ini merupakan sebuah alih atau transfer ilmu. Pembelajaran sendiri saat ini yang diterapkan di sekolah yang ada di masyarakat memang semakin bervariasi. Hal ini terjadi karena dorongan yang kuat untuk memiliki atau menciptakan sebuah pembelajaran yang lebih baik dan efektif sehingga dengannya akan mampu mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan hal tersebutlah maka yang akhirnya menjadi dasar pengembangan pendidikan melalui invasi terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Salah satu upaya yang terlihat adalah dengan munculnya pembelajaran kooperatif.

Seperti namanya maka pembelajaran kooperatif ini semacam sebuah kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan pada kerja sama yang tercipta selama kegiatan pembelajaran terjadi baik kerja sama antara seorang tenaga pendidik dengan para peserta didiknya dalam menciptakan situasi belajar yang kondusif maupun kerja sama antara para peserta didik yang satu dengan yang lain sehingga akan menciptakan semacam interaksi yang baik antar peserta didik. Jika kita meninjau ulang model pembelajaran kooperatif ini maka kita akan mendapatkan berbagai macam hal terkait dengan kelebihan dan juga kekurangan yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran ini. Yang di antaranya telah saya rangkum pada sedikit ringkasan berikut.

Kelebihan utama dari kegiatan pembelajaran kooperatif ini terletak pada pembagian tugas dan perana yang jelas antara tenaga pendidik dan peserta didik. Dalam pembelajaran ini seorang tenaga pendidik diberikan keleluasaan untuk mengondisikan kelasnya dengan memberikan tugas kelompok kepada para peserta didiknya. Dengan pembelajaran seperti ini maka para peserta didik yang tergabung dalam sebuah kelompok tertentu secara tidak langsung akan berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan kelompoknya tersebut dan hal ini merupakan sebuah nilai positif jika kelak mereka berada dalam lingkungan masyarakat yang majemuk. Selain itu juga memungkinkan para peserta didik untuk menyampaikan gagasannya untuk menghadapi masalah yang dialami oleh kelompok.

Kelemahannya terletak pada kemampuan seorang tenaga pendidik dalam menguasai dan mengondisikan kelas harus memiliki kecakapan khusus agar dapat berjalan dengan efektif.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan pada artikel pembelajaran kooperatif ini, semoga dengannya dapat memberi banyak manfaat bagi anda.
Rating: 4.5