http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 07 Januari 2014

Teknik Pembelajaran Pada Paud

Pembelajaran Pada Paud - Belajar merupakan suatu kebutuhan khusus bagi semua orang. Bahkan untuk anak kecil juga sudah saatnya diberikan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengajarkan tindakan yang baik. Untuk menuntut anak usia dini tersebut mengerti yang telah diberikan oleh pendamping maka diperlukan teknik pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan teknik kembali pada lingkungan.

Teknik ini menitik beratkan kepada tindakan pembelajaran yang dilakukan dimana saja yang terdapat pada lingkungan tempat PAUD itu berada. Dalam fase usia anak dalam masa pertumbuhan belum mampu untuk diberikan pengetahuan dengan model pengajaran duduk. Nuansa yang dilakukan adalah dengan bermain dan diselipkan pengertian.

Menggunakan model bermain justru akan memudahkan anak usia dini mengingat apa yang telah disampaikan oleh pendamping. Selain itu teknik ini memerlukan partisipasi orang-orang yang berada di lingkungan PAUD tersebut. Teknik pembelajaran ini dimana anak-anak akan diajak untuk mengelilingi lingkungan PAUD dan diajak untuk menghampiri salah satu rumah warga. Namun sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan pemilik rumah dimana area rumahnya digunakan anak-anak untuk belajar. Dari disana anak-anak diajak belajar mengenal beberapa tanaman, buah dan sebagainya tergantung yang tersedia pada rumah yang telah anda ajak kerja sama tersebut. Dari situasi ini memberikan rasa senang anak-anak dengan berjalan-jalan tersebut sudah sama dengan bermain keluar rumah dan mendapatkan pengetahuan.

Selain itu anak-anak diajak untuk berkeliling melihat keadaan sekitar PAUD. Dan mengajak untuk menemukan masalah, semisal lingkungan banyak dijumpai sampah maka dorong anak agar menemukan permasalahannya secara sederhana. Selain itu ajak anak untuk melakukan tindakan yang nyata seperti memungut sampah dan membuang pada tempatnya. Dengan melakukan tindakan tersebut sama saja dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan kemandirian dari anak didik. Dalam menjalankan teknik ini ada beberapa kendala, yang paling sering adalah orang tua yang selalu ingin mengikuti kemanapun anaknya melakukan kegiatan. Disini anda dituntut untuk meyakinkan kepada orang tua agar tidak mengikuti kegiata. Dampaknya pada anak yang akan terlatih untuk menjadi mandiri.
Rating: 4.5