http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 15 Januari 2014

Pengertian Media Pembelajaran dan Manfaatnya

Teknologi terus mengalami perkembangan yang signifikan dari hari ke hari, membuat berbagai macam perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Tak terkecuali untuk masalah pendidikan. pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan memang sangat besar baik itu yang bersifat membangun dan menunjang terciptanya pendidikan yang baik bagi setiap peserta didik ataupun justru sebaliknya. ya teknologi memang akan selalu membuat perubahan demi perubahan di masyarakat. Untuk itulah perlu kesadaran dan keseriusan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan bijak. seperti salah satu contohnya adalah dengan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang baik. seperti apakah pentingnya media pembelajaran ini dalam kegiatan belajar mengajar? Untuk mendapatkan keterangan selengkapnya maka ada baiknya anda membaca ulasan berikut ini dengan seksama agar anda menemukan banyak informasi penting tentangnya.

Media pembelajaran ini merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada
para peserta didiknya. Media pembelajaran ini sendiri ada bermacam-macam yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik. Baik yang merupakan media pembelajaran demonstrasi seperti bahan ajar dalam buku-buku, media visual, audio hingga media video yang dapat dilihat oleh seorang peserta didik dalam berbagai perangkat teknologi yang berkembang saat ini semisal dari televisi dan internet.

Kehadiran media dalam sebuah proses pembelajaran memiliki banyak manfaat bagi seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun bagi para peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Di antaranya telah saya rangkum beberapa manfaat dari media pembelajaran seperti berikut ini:

Bagi seorang tenaga pendidik maka media pembelajaran ini sangat penting kehadirannya dalam menunjang setiap penjelasan yang dijabarkan oleh para tenaga pendidik kepada para peserta didiknya.

Dengan menggunakan media pembelajaran ini maka juga dapat menjalin komunikasi yang baik antara serang tenaga pendidik dan peserta didiknya. Bagi para peserta didik kehadiran media pembelajaran ini tentu memiliki berbagai manfaat yang di antaranya adalah lebih memudahkan untuk memahami sebuah penjelasan mengenai pelajaran,  mendapatkan gambaran tentang pembelajaran dan lain sebagainya.

Dan itulah sedikit ulasan yang dapat saya sajikan terkait dengan pengertian media pembelajaran serta beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari kehadirannya dalam proses pembelajaran. Sekian, semoga bermanfaat bagi anda.
Rating: 4.5