http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 27 Januari 2014

Model Pembelajaran Pakem

Untuk saat ini di dalam kegiatan belajar mengajar memang diperlukan adanya strategi yang tepat dan sesuai untuk diterapkan. Adapun strategi yang cocok diterapkan dalam pembelajaran yaitu dikenal dengan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan atau disingkat PAKEM. Jadi model pembelajaran PAKEM ini memungkinkan para siswa untuk mengerjakan beragam kegiatan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan dengan penekanan belajar sambil bekerja. Sedangkan para pengajar dapat menggunakan berbagai sumber ataupun alat bantu lain termasuk memanfaatkan lingkungan agar proses pembelajaran bisa lebih menaik dan menyenangkan.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar, model pakem ini bisa membuat siswa belajar dengan lebih menyenangkan. Adapun model pembelajaran pakem ini memiliki empat unsur di dalamnya seperti :

• Aktif
Belajar di sini adalah salah satu proses aktif untuk membangun makna atau pemahaman atas pengalaman dan informasi yang di dapat oleh peserta didik.

• Kreatif
Adapun proses dari pembelajaran juga harus bisa menumbuhkan kreativitas siswa, karena seorang anak memang dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

• Efektif
Sebuah pembelajaran dilakukan mempunyai tujuan yang harus bisa tercapai. Namun untuk bisa mencapai tujuan tersebut maka ada beberapa faktor penentu yang salah satunya yaitu model pembelajaran yang diterapkan. Selain itu
pembelajaran yang efektif apabila dilaksanakan bisa semakin menunjang keberhasilan pembelajaran selanjutnya.

• Menyenangkan
Kondisi yang menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung bisa memotivasi para siswa untuk bisa fokus memperhatikan pembelajaran sehingga bisa meningkatkan pencapaian dari tujuan pembelajaran itu sendiri.

Sementara itu kegiatan belajar mengajar yang menggunakan pembelajaran pakem ini bisa dilihat dari 2 sisi. Berikut ini dari sisi guru dan siswa dalam proses pembelajaran :

• Aktif
Jadi untuk guru harus berperan aktif dalam memantau kegiatan belajar peserta didik, memberikan umpan balik, maupun mempertanyakan pertanyaan yang menyenangkan. Sementara untuk siswa haruslah rajin bertanya, berani menyampaikan gagasan maupun menanyakan gagasan orang lain.

• Kreatif
Di sini seorang guru haruslah lebih kreatif dalam arti mampu mengembangkan berbagai kegiatan yang ada serta bisa membuat alat bantu belajar sehingga proses belajar lebih berkesan. Sedangkan untuk siswa juga harus kreatif, misalnya saja seperti membuat sesuatu ataupun mengarang.

• Efektif
Agar pembelajaran bisa efektif maka guru harus bisa mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri, sementara siswa harus menguasai keterampilan yang diperlukan.

• Menyenangkan
Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, cara mengajar guru sebaiknya tidak membuat siswa menjadi takut. Sedangkan siswanya juga harus mengondisikan bahwa mereka berada dalam situasi pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi itulah metode yang efektif untuk diterapkan pada sebuah pembelajaran, dengan begitu tidak hanya guru saja yang semakin mudah dalam menyampaikan materi tetapi juga para peserta didik dapat merasakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan pembelajaran pakem tersebut.
Rating: 4.5