http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 03 Januari 2014

Mengupas Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran Berbasis Masalah - Dalam dunia pendidikan yang memiliki peranan penting adalah model pembelajaran. Dengan model tersebut maka akan memunculkan hasil dari yang telah ditargetkan. Pembelajaran untuk SD hingga SMA dengan pembelajaran Mahasiswa sangatlah berbeda. Mahasiswa akan lebih dituntut untuk menghasilkan solusi dari permasalahan yang timbul dengan ilmu yang dimiliki.

Guna menciptakan lulusan dari perguruan tinggi yang baik maka perlu diperhatikan metode pembelajaran.  Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu contoh metode yang dapat diterapkan. Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran yang mengambil contoh kajian berupa masalah nyata sebagai saran agar mahasiswa dapat berpikir kritis dan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah serta dapat menyerap pengetahuan dengan baik.

Sebagian perguruan tinggi menggunakan contoh atau studi kasus yang sudah usang. Sementara mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis. Maka yang dibutuhkan adalah pembaruan dalam pembelajaran tersebut. Dalam menggunakan pembelajaran berbasis masalah harus menyampaikan karakteristik pembelajaran ini dengan baik,. Karena berbicara karakteristik maka langkah pertama adalah silakan mengajak belajar mahasiswa dengan masalah. Lalu berikan teori dengan masalah dunia nyata yang benar-benar terjadi di sekitar mahasiswa.  Dengan ini akan memudahkan untuk mengorganisir pelajaran yang berhubungan dengan masalah dan mahasiswa diminta untuk memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah yang telah mereka hadapi dalam proses pembelajaran.

Untuk memudahkan bagaimana proses pembelajaran berbasis masalah ini tindakan pertama setelah para mahasiswa diberikan  contoh masalah nyata adalah penyampaian ide. Tahap ini sangat penting karena dengan menggali ide yang dimiliki oleh mahasiswa tidaklah gampang. Mengingat kemampuan daya serap mahasiswa ada yang cepat atau lambat.  Tuliskan semua ide yang muncul beserta masalah yang telah dipilih. Dan kemudian gunakan metode diskusi untuk menelaah bersama dengan mendalam untuk menemukan solusi. Tahap selanjutnya bagikan informs berupa buku atau baha bacaan, atau informasi terakhir yang terkait dengan masalah tersebut.  Setelah itu fase mempelajari dan memecahkan masalah. Dan yang terakhir adalah mengambilkan tindakan yang akan diambil  dengan bentuk ajakan untuk mengembangkan ide-ide yang telah muncul yang akan dijadikan pemecahan masalah.
Rating: 4.5