http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 25 Januari 2014

Mengulas Teori Pembelajaran

Teori Pembelajaran - Proses belajar merupakan suatu kegiatan secara bertahap yang dilakukan manusia untuk terus mengalami perubahan dari segi perilaku sebagai bentuk akibat dari interaksi yang terjadi antar individu di dalam lingkungan masyarakat, keluarga hingga berbangsa serta bernegara. Adapun proses pembelajaran tersebut, memiliki kecenderungan atas perubahan perilaku maupun pola pikir serta pengetahuan yang dipunyai oleh masing-masing orang. Di dalam proses pembelajaran pun terdapat sebuah teori pembelajaran yang menjadi pedoman, untuk memperoleh proses pembelajaran secara maksimal yang bersifat prespektif. Jadi proses pembelajaran itu dilakukan berdasar teori pembelajaran tersebut, sehingga perubahan perilaku yang bisa kita amati langsung yaitu berupa penampilan. Sementara perubahan perilaku yang tidak bisa kita amati yaitu berupa kemampuan masing-masing individu untuk bertindak atas sesuatu hal.

Adapun proses pembelajaran sendiri merupakan suatu hal yang sangat lengkap, karena di dalamnya akan melibatkan berbagai tingkah laku dan pola pikir yang mempunyai peran penting demi kelangsungan proses pembelajaran itu sendiri. Teori pembelajaran juga terbagi menjadi empat bagian, ada teori pembelajaran humanistik, tingkah laku, kognitif dan sosial. Jadi masing-masing teori tersebut mempunyai fungsi serta peran tersendiri selama berlangsungnya proses pembelajaran tersebut terjadi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan
berikut :

• Teori pembelajaran humanistik
Teori ini lebih terfokus pada peran dari pendidikan sebagai penyedia untuk memberikan pembelajaran yang baik terhadap para siswa. Adapun dalam teori ini juga menjelaskan bahwa proses pembelajaran itu merupakan sebuah cara untuk mencetak kepribadian orang di dalam lingkungannya agar menjadi seseorang yang lebih kooperatif yang mana diharapkan bisa mengembangkan potensi untuk mencapai tujuan hidup.

• Teori pembelajaran tingkah laku
Teori ini terfokus pada tingkah laku seseorang atas hasil dari sebuah interaksi yang telah terjadi. Adapun hasil itu bisa berupa perubahan dari segi tingkah laku menjadi lebih baik.

• Teori pembelajaran kognitif
Teori ini terfokus pada kemampuan kognitif individu dengan melalui tahapan proses pembelajaran. Jadi kemampuan ini akan mencakup suatu proses pendidikan, bisa berupa kegiatan langsung maupun peran langsung dari setiap individu pada suatu peristiwa tertentu.

• Teori pembelajaran sosial
Teori ini mempunyai keterkaitan dengan perilaku sebagai bentuk proses penguatan serta mempunyai peluang untuk mengalami pengulangan. Adapun pada teori ini juga diberlakukan pemberian hukuman atas perilaku negatif yang dilakukan karena terjadi ketidaksesuaian.

Pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari proses pembelajaran tersebut tidak hanya berupa informasi atau fakta saja, melainkan juga bisa digunakan untuk kehidupan secara nyata. Di samping itu teori pembelajaran juga sangat diharapkan bisa dijadikan alat bantu untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah yang timbul selama proses pembelajaran. Dengan begitu hasil dari pembelajaran bisa langsung diterapkan dalam kehidupan kita. Silahkan klik link berikut untuk definisi dan penjelasan lebih lanjut mengenai teori belajar.
Rating: 4.5