http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 19 Januari 2014

Mengenal Pembelajaran Kontekstual

Banyak cara yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik untuk melakukan yang terbaik dalam menyampaikan pelajaran kepada murid-muridnya. Seorang tenaga pendidik yang baik dan professional haruslah peka terhadap situasi yang terjadi pada peserta didiknya. Salah satunya adalah yang terjadi sekarang ini ketika perkembangan dunia sudah semakin pesat dan perangkat teknologi telah mampu membuat para peserta didik untuk berpikir lebih kritis. Nah dengan kejadian seperti ini seorang tenaga pendidik tidak boleh hanya mengandalkan buku-buku atau teori saja. Tetapi lebih dari itu mereka harus memikirkan untuk menyampaikan pelajaran lebih nyata menggunakan pembelajaran kontekstual. untuk selengkapnya maka sebaiknya anda membaca ulasan berikut dengan seksama agar anda menemukan banyak informasi menarik tentangnya.

Pembelajaran kontekstual ini dapat kita artikan sebagai model pembelajaran yang efektif karena pada pembelajaran ini kita dituntut untuk melakukan pembelajaran dengan cara menggunakan gambaran yang semirip mungkin dengan keadaan yang sebenarnya dengan kata lain pembelajaran seperti ini lebih merujuk pada persoalan faktual. Pembelajaran ini memiliki beberapa ciri utama yang sekaligus menjadi keunggulannya yang beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Ciri yang pertama adalah lebih menekankan pada konstruktivisme yakni peserta didik diarahkan untuk mengetahui cara kerja, menemukan dan mengonstruksi secara individual kemampuan baik yang berupa pengetahuan maupun keterampilan baru yang dimilikinya.

Yang kedua adalah sikap gemar bertanya. Ini merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran ini, yakni meningkatkan rasa keingintahuan yang dimiliki oleh para peserta didik sehingga karenanya penyampaian materi pelajaran pun akan semakin lancar dan efektif.

Yang ketiga pada pembelajaran kontekstual ini para peserta didik bukan hanya dituntut untuk dapat mengingat pengetahuan yang berdasarkan fakta-fakta yang dipelajarinya saja tetapi lebih dari itu mereka juga diarahkan untuk menemukan hal-hal baru yang lainnya.

Selanjutnya adalah dengan melakukan refleksi dan penilaian akhir. Refleksi ini merupakan sebuah cara untuk melakukan pengevaluasian pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik selama pembelajaran, sedangkan penilaian akhir merupakan penilaian terhadap hal-hal yang dilakukan oleh para peserta didik selama pembelajaran berlangsung melalui tugas-tugas yang telah dilaksanakannya.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan terkait dengan pembelajaran kontekstual ini, semoga memberi manfaat untuk anda.
Rating: 4.5