http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 12 Januari 2014

Mengenal Metode-metode Pembelajaran

Metode-metode pembelajaran - Masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini memang kian kompleks. hal tersebut terjadi mengiringi setiap jengal perubahan yang terus terjadi secara signifikan di lingkungan masyarakat. sehingga dengan fakta ini  menuntut kepada setiap tenaga pendidik untuk dapat menemukan solusi terbaik terhadap masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan cara melakukan inovasi demi inovasi terhadap cara penyampaian pelajaran yang baik mereka sampaikan kepada para peserta didiknya agar proses pembelajaran yang terjadi dapat selaras dengan perubahan yang terjadi. metode pembelajaran sangat penting untuk dikuasai oleh para tenaga pendidik agar jalannya pendidikan dapat berjalan dengan baik. seperti apakah metode pembelajaran tersebut? simak ulasan di bawah ini agar anda dapat mendapat informasi menarik tentangnya.

Saat ini terdapat banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang tenaga
pendidik dalam menyampaikan materi kepada para peserta didiknya yang secara umum saya ringkas pada ulasan berikut ini.

Metode yang pertama adalah metode ceramah. ini merupakan metode yang paling lazim digunakan oleh para tenaga pendidik yakni dengan menyampaikan materi pembelajaran secara langsung.
Lalu yang kedua terdapat metode diskusi. Metode ini lebih menekankan pada komunikasi yang tercipta antar unsur dalam pembelajaran seperti  tenaga pendidik dan peserta didiknya. Dengan harapan para peserta didik menjadi lebih aktif dalam menyampaikan gagasan-gagasan yang dimilikinya.

Ada metode ceramah interaktif yang merupakan kombinasi dari metode ceramah dan diskusi. Yang dengannya seorang guru tetap melakukan penjelasan secara langsung kepada para peserta didiknya namun sekaligus mengadakan tanya jawab kepada peserta didiknya sebagai selingan dalam proses pembelajaran.

Metode yang paling baik dalam menyampaikan pembelajaran adalah metode eksperimental. Metode ini memiliki kelebihan utama yakni seorang peserta didik akan mengalami, mencoba dan menemukan hal baru sesuai dengan eksperimen atau penelitian yang mereka lakukan. Sehingga dengannya akan mendorong timbulnya rasa keingintahuan yang tinggi pada seorang peserta didik.
Selain beberapa metode di atas maka yang tak kalah baik untuk digunakan adalah metode pelatihan keterampilan, metode study tour hingga metode peer teaching.

Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya kupas tentang metode-metode pembelajaran. Semoga sedikit ulasan di atas memberikan manfaat yang besar bagi anda.
Rating: 4.5