http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 20 Januari 2014

Mengenal Macam-macam Metode Pembelajaran

Saat ini perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia memang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Nampaknya pengaruh dari globalisasi telah membuat tantangan tersendiri bagi para tenaga pendidik untuk melakukan tugasnya terhadap anak didik mereka. Salah satunya adalah dengan menguasai metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan pada anak didiknya sesuai dengan keadaan dan situasi belajar yang terdapat di lingkungannya. Penguasaan materi mengenai metode pembelajaran ini sangatlah penting untuk para pengajar agar mereka mampu melakukan tugasnya dengan baik dan pelajaran yang mereka ajarkan dapat diterima oleh peserta didik secara efektif. Untuk itulah maka pada ulasan berikut ini saya akan membahas tentang berbagai macam metode pembelajaran yang dengannya sangat menarik untuk anda cermati. Simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh seorang tenaga pendidik kepada para peserta didiknya yang di antaranya adalah sebagai berikut:

Yang pertama yang paling umum dilakukan oleh tenaga pendidik adalah metode pembelajaran ceramah. Metode pembelajaran ini merupakan sebuah cara penyampaian materi kepada peserta didik secara langsung. Tenaga pendidik menjelaskan materi ini secara detail kepada para peserta didiknya.

Yang kedua ada metode diskusi. Metode ini digunakan oleh para tenaga pendidik untuk menjalin komunikasi yang baik antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya maupun antara peserta didik dengan tenaga pendidiknya. Dengan metode seperti ini maka diharapkan para peserta didik akan lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya.

Metode yang selanjutnya adalah metode demonstrasi. Ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang menggunakan bahan ajar sebagai sarana utama untuk mendapatkan pembelajaran yang baik. Dengan harapan para peserta didik akan terfokus pada saat belajar dan dapat dengan mudah memahami maksud dari pembelajaran.

Metode eksperimental akan mengakarkan kepada anak didik untuk mencoba, mengalami dan meneliti tentang fakta sesuai dengan bahan pembelajaran sehingga dengannya sangat baik untuk diterapkan pada peserta didik.

Metode pelatihan keterampilan merupakan metode yang sangat baik untuk mengembangkan potensi non akademik yang dimiliki oleh peserta didik.

Terakhir seorang tenaga pendidik juga dapat menggunakan metode study tour untuk peserta didiknya. Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya berikan, semoga dengannya dapat memberi banyak manfaat bagi anda.
Rating: 4.5