http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 17 Januari 2014

Macam-macam Model Pembelajaran dan Kelebihannya

Ada banyak cara yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik untuk memberikan pelajaran pada para peserta didiknya karena saat ini telah berkembang berbagai macam model pendidikan yang bisa dipilih untuk digunakan dan diterapkan pada peserta didik sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Perlu untuk anda ketahui bahwasanya setiap model pembelajaran yang diterapkan pada seorang peserta didik ini akan sangat efektif jika disesuaikan dengan keadaan yang terjadi pada peserta didik. Karena setiap model pembelajaran tersebut memiliki karakteristik yang berbeda yang dengannya tentu akan sangat efektif dan akan mendukung terjadinya proses belajar mengajar yang baik jika para peserta didik mampu beradaptasi dengan model pembelajaran tersebut. Untuk selengkapnya anda dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Terdapat berbagai macam model pembelajaran yang bisa digunakan oleh seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya yang masing-masing model memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

Model pembelajaran yang pertama adalah model pembelajaran secara langsung atau disebut ceramah. Kelebihannya adalah tenaga pendidik dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung untuk dipahami oleh peserta didiknya namun di sini para peserta didik cenderung pasif dan tenaga pendidik yang lebih dominan.

Selanjutnya ada model diskusi. Di sini kelebihannya adalah seorang tenaga pendidik hanya berperan sebagai fasilitator yang menjadi pengatur kondisi pembelajaran sedangkan para peserta didiknya dituntut untuk lebih aktif dalam menyampaikan aspirasinya melalui diskusi kelompok dengan peserta didik yang lain sehingga selain komunikasi terjalin dengan baik juga mengajarkan peserta didik untuk berani mengutarakan pendapatnya.

Yang ketiga adalah sebuah model pembelajaran yang memadukan dua model pembelajaran di atas. Yakni model ceramah kombinasi. Di sini seorang tenaga pendidik tetap aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya namun ada kalanya mereka memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya melalui tanya jawab sebagai selingan materi pembelajaran.

Selain itu juga masih terdapat model pembelajaran yang lain seperti model pembelajaran resitasi dan eksperimental yang masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Dan demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5