http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 12 Januari 2014

Karakteristik Pembelajaran Terpadu

Karakteristik Pembelajaran Terpadu - Dunia semakin berkembang dengan segala kelengkapannya yang semakin mengubah setiap tatanan yang terjadi seperti halnya dunia pendidikan yang harus terus dikembangkan guna menjawab tantangan setiap perubahan yang terjadi. Ada banyak cara untuk meningkatkan pembelajaran yang baik tersebut, salah satu contohnya adalah dengan membuat sebuah desain pendidikan yang pas untuk diaplikasikan pada sebuah kegiatan pembelajaran saat ini. Dan untuk itulah maka di sini saya akan membahas salah satu contohnya yakni desain pembelajaran terpadu. Seperti apakah desain pembelajaran yang satu ini? dan apakah pas untuk diterapkan pada peserta didik yang anda miliki. karenanya agar anda dapat memperoleh banyak informasi penting tentangnya, anda harus terlebih dahulu membaca beberapa ulasan yang saya rangkum tentang karakteristik pembelajaran terpadu berikut ini.

Pembelajaran terpadu ini merupakan sebuah desain pembelajaran yang terbilang baru yang dengannya memadukan berbagai macam unsur pembelajaran seperti halnya konsep pembelajaran, mata pelajaran dan materi pelajaran. Yang dengannya terkadang juga memadukan berbagai hal yang terkait dengan sebuah materi pembelajaran tanpa memperhatikan tema tertentu dalam sebuah mata pelajaran tertentu.

Pendidikan terpadu ini memiliki berbagai ciri utama yang membedakannya dengan pembelajaran yang lain. Yang di antaranya sebagai berikut ini:

1. Karakteristik pertama yang ada pada pembelajaran terpadu ini adalah bahwa proses pembelajaran menjadikan peserta didik sebagai pemeran utama yang dituntut untuk aktif dalam berbagai hal terkait dengan pembelajaran. Dengan kata lain para peserta didik akan diarahkan untuk aktif dan bersikap kritis terhadap materi pembelajaran.

2. Yang kedua pada pembelajaran terpadu ini para peserta didik akan lebih diarahkan untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih faktual sehingga dengannya mereka akan lebih mudah memahami sebuah materi pembelajaran yang bersifat abstrak.
3. Salah satu yang paling mencirikan dari pembelajaran ini adalah bahwa tidak adanya batasan yang jelas antar mata pelajaran sebagai akibat dari pandangan pembelajaran ini yang memadukan berbagai macam mata pelajaran dalam sebuah tema tertentu.
4. Pembelajaran ini fleksibel dan dapat disesuaikan menurut perkembangan dari anak serta situasi dan kondisi pada saat pembelajaran sehingga lebih efektif untuk digunakan.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya tampilkan terkait dengan pembelajaran terpadu beserta karakteristiknya, semoga dengannya memberi banyak manfaat untuk anda.
Rating: 4.5