http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 20 Januari 2014

Jenis-Jenis Strategi Pembelajaran

Dalam menyampaikan materi pelajaran kepada setiap peserta didik saat ini seorang tenaga pendidik diharuskan untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Hal ini karena perkembangan dunia teknologi yang ada saat ini mau tidak mau akan selalu mempengaruhi setiap lini kehidupan tak terkecuali pada seorang peserta didik. Bisa saja perkembangan teknologi tersebut memiliki dampak yang kurang baik bagi terciptanya sebuah pembelajaran yang baik dan efisien. Karenanya seorang tenaga pendidik tersebut harus menguasai banyak strategi pembelajaran yang dapat mereka gunakan untuk menyampaikan pelajaran sesuai dengan kondisi dan situasi saat proses pembelajaran tersebut berlangsung dengan harapan jalannya pembelajaran dapat berlangsung dengan optimal. Ada banyak sekali strategi pembelajaran yang dapat digunakan yang beberapa di antaranya telah saya rangkum pada ulasan di bawah ini. Simak dengan seksama agar anda dapat menemukan banyak informasi penting tentangnya.

Strategi pembelajaran yang pertama merupakan strategi pembelajaran secara langsung. Dalam tahapan awal ketika seorang peserta didik baru pertama kali dalam proses pembelajaran maka strategi ini sangat pas untuk digunakan. Yang menjadi ciri utama dari strategi pembelajaran yang satu ini adalah bahwa seorang tenaga pendidik mempunyai peran utama dalam jalannya pembelajaran atau dapat diartikan bahwa seorang tenaga pendidik harus aktif dalam menyampaikan materi-materi pelajaran kepada para peserta didiknya.

Seorang tenaga pendidik juga dapat menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung. Dalam strategi pembelajaran ini pembelajaran lebih dipusatkan pada peserta didik. Dan seorang tenaga pendidik memiliki peranan sebagai fasilitator yang mengondisikan dan mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Strategi pembelajaran seperti ini dapat diterapkan oleh tenaga pendidik pada peserta didik yang dinilai telah mampu menjalankan peranannya.

3. Tenaga pendidik juga dapat mengombinasikan antara dua strategi pembelajaran di atas atau yang sering kita sebut dengan strategi pembelajaran interaktif. Di sini seorang tenaga pendidik tetap harus aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, namun ada kalanya di sela-sela pembelajaran tersebut seorang tenaga pendidik dapat membuat sebuah forum diskusi antar peserta didik dan dapat pula membuat sebuah sesi tanya jawab guna membuat para peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Dan itulah beberapa hal yang dapat saya ulas tentang strategi pembelajaran, semoga bermafaat
Rating: 4.5