http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 01 Januari 2014

Inovasi Pembelajaran Bagi Guru

Inovasi Pembelajaran - Pada saat metode pembelajaran sudah ditentukan, ekspektasi terhadap hasil akan selalu dinantikan oleh seluruh elemen pendukung dalam proses pembelajaran. Bila dalam perjalanannya ekspektasi tersebut tidak kunjung terjadi bahkan cenderung terjadi kerancuan maka dibutuhkan suatu inovasi bagi jajaran pengajar. Inovasi pembelajaran dibutuhkan untuk menemukan cara yang baik atau cara lain untuk mendapat hasil yang baik dari proses pembelajaran. Dalam inovasi  sendiri memiliki beberapa nila penting dalam pembelajaran antara lain :

1. Terdapat peningkatan dalam kualitas pembelajaran mulai dari segi perencanaan,proses dan evaluasi
2. Adanya peningkatan kelulusan siswa.
3. Peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan

Dalam 3 poin di atas merupakan tujuan dari dilakukannya inovasi. Untuk mendapatkan hasil yang
baik ada beberapa cara dalam inovasi yang dapat anda gunakan. Salah satunya dengan cara ICT yaitu Information, communication and technology. Dalam proses pembelajaran juga dibutuhkan ICT untuk mengelola informasi dengan tujuan agar dapat dikelola dengan mudah.  Metode ini memiliki sifat yang efektif dan efisien karena dalam pengelolaannya dapat disimpan dalam bentuk suara, tulisan dan gambar yang nanti akan menjadi suatu ilmu.  Dengan menggunakan ICT ini dalam proses pembelajaran akan terlihat lebih menarik dan tidak terkesan monoton. Mengapa ini bisa terjadi? Karena dalam menggunakan ICT yang telah terencana dengan baik dan secara sistematis maka proses pembelajaran akan lebih menarik dan dinamis.

Sebagai pelaku dunia pendidikan penggunaan ICT dalam pembelajaran harus didukung. Sebab ICT ini juga dapat memberikan efek positif berupa kemampuan berpikir siswa lebih bagus. Slain itu untuk meningkatkan nilai dari efektivitas, efisien dan seberapa menarik proses pembelajaran. Penggunaan ICT sebagai salah satu inovasi dalam pendidikan telah dilaksanakan dalam beberapa tahun belakangan ini.  Inovasi ini sangat cocok bila dilihat dari kemampuan beberapa daerah untuk memenuhi kebutuhan penyedia informasi yang masih minim karena dalam pembelajaran guru juga perlu untuk menjadi seorang yang ahli dalam inovasi ini. Cukup dengan computer namun peran gurun juga tidak selalu dijalankan dengan baik.
Rating: 4.5