http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 11 Januari 2014

Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Menarik untuk Dipilih

Pembelajaran Berbasis Kompetensi - Kehidupan masyarakat saat ini memang sangatlah berbeda dengan kehidupan masyarakat dulu. Ini karena sekarang ini berbagai perangkat teknologi telah meramaikan kehidupan masyarakat yang semakin modern sebagai akibat dari adanya pengaruh globalisasi. Hal ini jika kita kaitkan dengan pendidikan yang ada di negara kita tentunya akan mengantarkan kita pada sebuah permasalahan mengenai bagaimanakah cara yang terbaik untuk melaksanakan pendidikan ini dengan cara yang baik dan efektif.  Hal tersebut membuat kita berpikir panjang mengenai pendidikan yang salah satu di antaranya adalah memikirkan tentang desain pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan pada para peserta didik di era yang semakin modern ini. Desain pembelajaran berbasis kompetensi dalam hal ini menjadi salah satu yang terbaik, mengapa? Untuk mendapatkan keterangan selengkapnya maka ada baiknya jika anda memperhatikan ulasan berikut ini dengan seksama.

Desain pembelajaran berbasis kompetensi ini merupakan sebuah desain pembelajaran yang lebih mengedepankan pada pengembangan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik sesuai dengan standar yang dijadikan sebagai kompetensi. Untuk mewujudkannya maka harus ada minimal empat faktor utama yang harus diperhatikan untuk mendapatkan desain pembelajaran berbasis kompetensi yang baik yang di antaranya adalah dengan terlebih dahulu menentukan kompetensi-kompetensi yang memang sesuai untuk peserta didik, menjelaskan secara detail mengenai indikator-indikator yang harus dicapai oleh para peserta didik untuk dapat melakukan evaluasi-evaluasi yang diperlukan, melakukan pengembangan desain pembelajaran tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan dan terakhir adalah dengan melakukan penilaian secara keseluruhan mengenai perkembangan dari peserta didik saat menggunakan desain pembelajaran ini.

Desain pembelajaran berbasis kompetensi ini memiliki berbagai kelebihan jika benar-benar diterapkan dengan baik pada saat penyampaian materi pendidikan kepada peserta didik. Yang pertama adalah jalannya pendidikan akan lebih terfokus pada kompetensi-kompetensi apa saja yang seharusnya dicapai oleh para peserta didik yang sesuai dengan standar-standar kompetensi yang sesuai yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu dengan menggunakan desain pembelajaran seperti ini maka akan memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didik baik yang merupakan potensi akademik maupun yang merupakan potensi non akademik.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya jelaskan, semoga memberi manfaat bagi anda.
Rating: 4.5