http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 26 Januari 2014

Ciri-Ciri Serta Manfaat Media Pembelajaran

Sebelum kita membahas manfaat media pembelajaran, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari media pembelajaran itu sendiri yakni segala sesuatu yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan pesan, bisa merangsang perasaan, pikiran serta keinginan para siswa sehingga bisa mendorong terciptanya sebuah proses belajar yang efektif untuk semua peserta didik.  Adapun awalnya media pembelajaran ini dianggap hanya sebagai alat bantu untuk mengajar, jadi alat bantu yang digunakan tersebut merupakan alat bantu siswa untuk menerima pelajaran misalnya seperti model, gambar, objek maupun alat-alat lain untuk bisa memberikan pengalaman nyata serta mempertinggi retensi dan daya serap belajar peserta didik.

Selain itu, hubungan yang ada di antara media pembelajaran dengan sebuah teknologi pembelajaran adalah jika teknologi pembelajaran mampu memberi pengaruh terhadap pemahaman atau paradigma pembelajaran, maka perubahan yang terjadi tersebut bisa berimplikasi terhadap suatu proses kegiatan pembelajaran yang di dalamnya meliputi tujuan materi, strategi dan metode serta media dan evaluasi. Hubungan media pembelajaran dengan teknologi pembelajaran di sini memang sangat erat dikarenakan
cara menyampaikan para pengajar ketika mengajar tentunya akan menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Lantas seperti apa ciri-ciri media pembelajaran itu? terdapat 3 ciri media yang bisa menjadi petunjuk kenapa media tersebut digunakan serta apa saja yang bisa dilakukan yang sekiranya seorang pengajar tidak mampu untuk melakukannya. Jadi ke-tiga ciri itu di antaranya adalah :

• Ciri fiksatif
Untuk ciri yang satu ini akan menggambarkan bagaimana media itu merekam, lalu menyimpan dan melestarikan maupun merekonstruksikan sebuah objek atau peristiwa.

• Ciri manipulatif
Jadi ciri manipulatif ini merupakan transformasi atas suatu peristiwa ataupun objek yang sekiranya masih dimungkinkan, karena media tersebut masih mempunyai ciri manipulatif.

• Ciri distributive
Adapun ciri distributive dari sebuah media memungkinkan suatu peristiwa ataupun objek akan ditransportasikan melalui ruang serta bersamaan dengan itu akan disajikan kepada semua peserta didik sehingga mereka mendapatkan stimulus pengalaman yang sama mengenai hal tersebut.

Secara umum, beberapa manfaat media pembelajaran itu di antaranya seperti berikut :
• Bisa meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan dengan cara semakin mempercepat "rate of learning".
• Dapat membantu pengajar untuk bisa menggunakan waktu belajar dengan lebih baik lagi.
• Mengurangi beban pengajar dalam menyajikan dan menyampaikan informasi.

Itulah beberapa ciri-ciri serta manfaat media pembelajaran yang mampu berperan penting untuk meningkatkan kualitas dan juga mutu sebuah pendidikan.
Rating: 4.5