http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 28 Desember 2013

Model Pembelajaran Terbaru Untuk Anak SD

Model Pembelajaran Terbaru - Bagus tidaknya murid dapat dikaitkan dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Mulai dari system diskusi, system regu dan sebagainya. Siswa yang masuk tingkat sekolah dasar, rata-rata memiliki kesulitan dalam menerima pelajaran, bisa dikarenakan sifat yang masih ingin bermain dan rasa bosan dalam belajar. Tentunya guru harus mengetahui gejala ini untuk mengatisipasi siswa yang mengalami masalah ini. Rancangan system yang paling cocok untuk anak sd adalah dengan system bermain eksperimental. Metode pembelajaran ini tidak menekankan kepada murid untuk membaca dan menghafal teori yang mereka dari guru. Yang ditekankan dari metode ini adalah memberikan pengetahuan kepada murid lewat ekperimen yang tidak mereka duga.

Untuk lebih sederhananya seperti ini :
1. Sebelum memberikan teori pada bab

yang akan dibahas ajak murid untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan teori yang akan diterangkan usahakan jangan membuat siswa merasa curiga, selipkan beberapa macam permainan yang membuat mereka nyaman dan meningkatkan motorik siswa.

2. Setelah melakukan kegiatan diluar ruangan, berikan beberapa pertanyaan kepada siswa. Seperti apa yang telah dirasakan pada saat melakukan kegiatan.

3. Beri penjelasan kepada siswa melalui teori yang ada dan praktekan kembali bila siswa menginginkan contoh yang lain untuk lebih mengerti.


Untuk lebih mudahnya dapat dicontohkan sebagai berikut:
Bila anda akan membahas tentang radiasi silakan anda membaca atau mereview dahulu tentanga masalah ini. Lalu silakan ajak siswa untuk keluar ruangan untuk melakukan sesuatau kegiatan namun anda jangan member tahu tujuan dari siswa tersebut. Usahakan semua siswa ikut melakukan tugas yang telah anda rancang dan merasakan rasa panas dari radiasi sinar matahari. Setelah dirasa cukup panggil kembali siswa untuk masuk kekelas , tanyakan kembali dari kegiatan yang telah dilakukan tersebut apa meraka merasakan adanya rasa panas yang diterima pada saat melakukan kegiatan tersebut dan bila mereka merasakan serta menjelaskan biarkan . lalu anda beri pengetahuan fenomena yang telah mereka rasakan. Dengan cara ini anda akan menghemat waktu pelajaran dan 1 bab telah terselesaikan.
Rating: 4.5