http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 06 September 2013

Klasifikasi Penelitian

Klasifikasi Penelitian - Saat ini banyak hal terjadi dalam perkembangan kehidupan yang kita jalani dan hal ini tentu saja tak dapat kita pisahkan dari usaha para ilmuwan yang terus melakukan penelitian. Penelitian yang dilakukan pun bermacam-macam sehingga perlu untuk dikelompokkan. Dari sekian banyak penelitian yang dilakukan maka dapat kita klasifikasikan dalam beberapa kelompok yang memiliki karakterisktik yang serupa seperti yang akan kita bahas berikut ini.

1. Hal yang mendasar yang pertama yang dapat kita jadikan sebagai salah satu pengelompokan adalah tentang bidang ilmu yang dipilih berkaitan dengan objek penelitian. Misalnya saja tentang biologi, sejarah ataupun mengenai bidang ilmu yang lain yang bertujuan untuk mengembangkannya.

2. Pengelompokan selanjutnya berdasarkan pada metode pendekatan yang dipakai. Dalam hal ini yang umum digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif ataupun juga metode kuantitatif yang menyajikan data berupa angka-angka sehingga hasilnya pun akan lebih
akurat.

3. Selanjutnya mengenai tempat melakukan sebuah penelitian. Para ilmuwan bisa melakukan penelitian ini di berbagai tempat misalnya saja melakukan penelitian di perpustakaan dengan mencari kebenaran dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dengan mengkaji buku-buku. Melakukan penelitian di laboratorium ataupun juga dapat melakukan penelitian dengan mendatangi objek di lapangan secara langsung sehingga data yang terkumpul lebih akurat.

4. Berdasarkan tujuan umum dilakukannya penelitian maka dapat kita kelompokkan menjadi beberapa bagian lagi. Pertama penelitian yang bersifat eksploratif, ini berkenaan dengan tujuan utama dari penelitian yang melakukan eksplorasi pada sebuah fenomena ataupun masalah tertentu dari sebuah objek yang ada pada penelitian. Kedua, penelitian yang merupakan pengembangan dari penelitian yang telah ada sebelumnya. Hal ini sangat baik guna mendapatkan data yang lebih lengkap dan terbaru dari sebuah penelitian yang telah dilakukan. Selain itu ada penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran hasil penelitian ataupun pernyataan yang terdapat pada penelitian yang dilakukan sebelumnya dengan demikian kita dapat mengetahui kebenaran sebuah fakta yang tentu lebih akurat.

5. Disamping itu juga dapat kita klasifikasikan lagi berdasarkan taraf penelitian yang dilakukan. Baik yang dilakukan secara deskriptif maupun yang bersifat lebih mendalam dengan menganalisis lebih jauh tentang objek penelitian.

Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat yang besar
Rating: 4.5