http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 12 Agustus 2013

Teknik Penelitian

Pengumpulan data adalah salah satu teknik penelitian yang paling penting. Menyusun instrumen memang kegiatan yang penting dalam penelitian, namun mengumpulkan data lebih penting, terutama bila peneliti memakai metode yang rawan akan masuknya unsur subjektif dari peneliti. Itulah pentingnya mengumpulkan data, maka harus ditangani dengan serius supaya hasil yang didapat sesuai dengan fungsinya yakni pengumpulan data yang cocok dan tepat.

Pengumpulan data di dalam penelitian harus dipantau supaya data yang didapat bisa terjaga tingkat validitas serta realiabilitasnya. Walaupun sudah memakai instrumen yang valid serta reliabel namun bila dalam proses penelitian anda tidak memperhatikan dengan baik, maka data yang terkumpul bisa jadi hanya tumpukan sampah. Peneliti yang mempunyai jawaban responden sesuai dengan keinginannya akan tidak reliabel. Petugas pengumpulan data sangat mudah dipengaruhi dengan keinginan pribadinya dan akan semakin condong kepada data yang terkumpul.

Oleh sebab itu, walaupun pengumpul data hanya sebatas sebagai pengumpul data, namun harus tetap memenuhi standar dan persyaratan yakni memiliki keahlian yang baik dalam melakukan kegiatan pengumpulan data. Mengumpulkan data memang merupakan pekerjaan yang sulit dan melelahkan. Di dalam penelitian sosial, biasanya petugas pengumpul data mondar-mandir dari sekolah satu ke sekolah yang lain / dari rumah satu ke rumah yang lain melakukan interview / membagi angket. Memang kadang sangat mudah memperoleh responden namun ada saat juga sulit sehingga akan menimbulkan keputusasaan. Oleh sebab itu biasanya kegiatan ini diberikan kepada peneliti junior dan peneliti senior yang membuat desain, mengolah data, menyusun instrumen, serta mengambil kesimpulan. Berikut beberapa jenis pengumpulan data :

1. Pengumpulan data lewat kuesioner / angket = banyak penelitian yang memakai kuesioner sebagai teknik yang dipilih dalam mengumpulkan data. Kuesioner / angket memangan memiliki banyak kelebihan sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Prosedur penyusunan kuesioner sebagai berikut :

Merumuskan tujuan yang ingin dicapai

Mengidentifikasi variabel yang ingin dijadikan sasaran

2. Pengumpulan data lewat interview = teknik interview membutuhkan waktu yang lumayan lama dalam mengumpulkan data bila dibandingkan dengan menyebarkan angket. Interview sangat rumit dan sulit, peneliti harus memperhatikan dari cara duduk sampai cara menginterview responden.

Sekian info kali ini semoga berguna.
Rating: 4.5