http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 11 Agustus 2013

Strategi Penelitian

Strategi Penelitian - Dalam sebuah penelitian tentunya kita sulit dalam memecahkan masalah. Selain itu dalam pembuatan proposal dan laporan tentunya akan sulit direalisasikan bila informasi yang kita dapatkan sangat minim. Untuk menyiasati hal ini maka kita harus menerapkan strategi yang tepat dalam mendapatkan informasi. Berikut beberapa strategi penelitian :

1. Studi kasus

Merupakan strategi yang banyak digunakan dalam penelitian kualitatif, walaupun tidak semua peneliti studi kasus ini adalah peneliti kualitatif. Studi kasus ini berfokus pada paradigma yang sifatnya naturalistic, kebudayaan, holistic dan fenomenologi. studi kasus dibagi menjadi beberapa jenis yakni studi kasus yang memiliki sifat exploratory, dan descriptive. dimana studi kasus jenis ini terdapat banyak usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengapa dan bagaimana, serta di tingkat tertentu juga memakai pertanyaan apa / apakah. Ada juga studi kasus intrinsic artinya usaha penelitian yang bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang suatu hal. Jadi jenis studi kasus ini tidak bermaksud untuk membuat teori. Studi kasus instrumental adalah studi yang menghasilkan hal-hal baru yang bisa memperdalam suatu teori. Yang terakhir studi kasus kolektif, merupakan perluasan dari studi instrumental yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman serta menyumbang kepada pembentukan teori.

2. Survey

Strategi ini umumnya digunakan untuk memetakan masalah secara singkat serta cepat. Analogi dari strategi survey ini di dalam fotografi adalah saat seorang fotografer membuat sebuah jepretan terhadap objek. Dengan demikian, semakin luas info yang didapat dari pemetaan yang cepat dan singkat ini maka populasi juga semakin tinggi, serta ini akan membuat pengambilan kesimpulan menjadi lebih baik.

3. Eksperimen

Strategi ini digunakan untuk melihat pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya. Dengan demikian, kondisi yang ada dicoba untuk dikendalikan sedemikian rupa, sehingga hanya variabel khusus yang menjadi perhatian. Untuk itu, umumnya disediakan 2 kelompok yang berbeda dengan tujuan untuk menarik perhatian saja. 2 kelompok ini lalu diberi perlakukan yang berbeda. Kemudian pengaruh dari perlakuan tersebut yang nantinya diamati serta dibandingkan.

Itu tadi beberapa strategi penelitian yang dapat anda terapkan dalam pembuatan sebuah proposal dan laporan. Sehingga anda tidak mengalami kesulitan dalam mencari ide. Semoga berguna.
Rating: 4.5