http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 29 Agustus 2013

Penulisan Laporan Penelitian

Penulisan laporan penelitian merupakan tahap akhir dari suatu penelitian dan merupakan hasil akhir yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Laporan dari suatu penelitian pun harus dapat dipertanggungjawabkan dan juga mudah dipahami oleh setiap pembaca. Suatu penulisan laporan yang baik terlebih dahulu harus memiliki bahasa yang baik dan setiap aspek yang disampaikan dalam penulisan juga harus sesuai dengan apa yang telah dilakukan dalam penelitian.

Penulisan laporan penelitian ini harus ditulis dengan teliti dan juga jelas, hal ini adalah kegiatan menuangkan pikiran-pikiran kedalam kalimat yang baik dan juga menyusun kalimat-kalimat ke dalam alinea dan merangkai alinea tersebut menjadi suatu karya ilmiah. Penulisan laporan ini menjadi mutlak karena dengan adanya laporan maka masyarakat dapat dengan mudah untuk dipahami, atau mungkin menyempurnakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Aspek yang harus diperhatikan dalam sebuah penulisan laporan penelitian adalah penggunaan bahasa yang komunikatif, mengetahui target atau untuk siapa laporan tersebut ditujukan kemudian juga adanya kejelasan serta kemampuan meyakinkan para pembaca. Sebelum laporan penelitian diajukan, maka diperlukan kerangka laporan yang berfungsi sebagai arah dari setiap isi dan bagian laporan.

Dan berikut beberapa tahapan dalam penulisan laporan penelitian :

• Buatlah laporan sementara, artinya apabila data dari hasil penelitian telah terkumpul, maka tahap selanjutnya adalah mengerjakan laporan sementara secara bertahap, kemudian diteliti baru setelah itu dapat disusun dengan baik.

• Buatlah kerangka laporan. Pada dasarnya tidak semua orang mampu menuangkan hasil pemikirannya secara langsung dan detail, tapi sebelum itu buatlah dulu garis besar laporan yang akan ditulis. Kerangka laporan ini akan memudahkan penulisan laporan dari sebuah penelitian. Ketika penulisan laporan masih dalam tahap pembuatan kerangka muncul ide-ide atau gagasan tambahan untuk menunjang isi suatu laporan yang dibuat.

• Menyusun hasil penelitian, dalam isi laporan ada beberapa aspek yang harus disusun, yakni :

1. Judul

2. Kata pengantar

3. Daftar isi

4. Pendahuluan

5. Tubuh laporan

6. Kesimpulan dan saran

7. Daftar pustaka

Yang juga harus diperhatikan dalam penulisan laporan penelitian ialah saran dan kesimpulan. Hal ini merupakan bagian yang paling penting dari laporan penelitian, keduanya saling berhubungan. Tetapi bagian kesimpulan dan saran merupakan bukan bagian wajib dari suatu laporan, hal ini hanyalah sebagai pelengkap saja.
Rating: 4.5