http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 22 Agustus 2013

Penjabaran Tinjauan Pustaka Penelitian

Tinjauan pustaka penelitian memiliki arti yaitu peninjauan kembali pustaka-pustaka mengenai ( review of related literatur ). Sesuai dengan arti itu, sebuah tinjauan pustaka penelitian memiliki fungsi sebagai peninjauan kembali / review pustaka ( laporan penelitian dan lain – lain ) mengenai masalah yang berkaitan dan tidak selalu harus cocok identik dengan bidang masalah yang sedang dihadapi, namun termasuk juga yang seiring serta berkaitan ( collateral ).

Fungsi tinjauan pustaka penelitian yang berkaitan adalah hal yang mendasar di dalam penelitian, seperti yang dinyatakan oleh Leedy pada tahun 1997, bahwa semakin banyak peneliti mengetahui, memahami dan mengenal tentang penelitian – penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya ( yang berkaitan erat sesuai dengan topik penelitiannya ). Semakin bisa dipertanggung jawabkan tekniknya meneliti masalah yang dihadapi. Namun demikian, sebagian penulis / peneliti ( usulan penelitian / karya tulis ) menganggap bahwa href="http://www.informasi-pendidikan.com/2013/08/penjabaran-tinjauan-pustaka-penelitian.html">tinjauan pustaka penelitian adalah bagian yang tidak terlalu penting sehingga dibuat asal ada saja / hanya untuk sekedar menyatakan / membuktikan bahwa penelitian yang dikerjakan belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

Pembuktian keaslian penelitian itu sebenarnya hanyalah salah 1 dari beberapa fungsi tinjauan pustaka. Kekurangan lain yang terkadang juga dijumpai yaitu dalam penyusunan, penstrukturan / pengorganisasian tinjauan pustaka penelitian. Banyak pembuatan tinjauan pustaka penelitian yang mirip dengan resensi buku ( dibahas buku/buku, tanpa ada hubungan yang bersistem ) / mirip dengan daftar pustaka ( hanya menuliskan siapa penulisnya serta di pustaka mana ditulis, jadi tidak membahas apa yang ditulis ). Tinjauan pustaka memiliki fungsi yakni :

1. Mengungkapkan penelitian – penelitian yang sama dengan penelitian yang akan anda lakukan, dalam hal ini, perlu diperlihatkan juga cara penelitian – penelitian tersebut dalam menjawab permasalahan serta merancang teknik penelitiannya.

2. Membantu memberikan gambaran mengenai metode serta teknik yang digunakan dalam penelitian tersebut.

3. Mengungkapkan sumber – sumber informasi / judul pustaka yang berkaitan dan belum anda ketahui sebelumnya.

4. Mengenal peneliti yang karyanya unik dan penting dalam permasalahan yang sedang anda hadapi. Kemungkinan dapat dijadikan narasumber / bisa ditelusuri karya tulisnya yang lain.

Semoga ulasan singkat kali ini berguna.
Rating: 4.5