http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 23 Agustus 2013

Penelitian Eksperimen Pendidikan

Penelitian Eksperimen Pendidikan - Salah satu penelitian yang paling sering digunakan oleh seorang peneliti dalam bidang pendidikan yaitu penelitian eksperimen pendidikan. Di dalam penelitian eksperimen, variabel bebas ( independent variabel ) serta variabel terikat ( dependent variabel ), telah ditentukan secara jelas oleh para peneliti mulai awal penelitian. Variabel bebas terkadang adalah variabel yang diubah secara matematis. Dalam bidang pendidikan, yang diamati sebagai variabel bebas antaranya adalah : teknik mengajar, jenis – jenis penguatan / reinforcement, frekuensi penguatan, fasilitas pendidikan, materi belajar, lingkungan belajar, jumlah kelompok belajar dan lain sebagainya. Variabel terikat yang juga disebut dengan criterion variabe adalah variabel yang diukur menjadi akibat dari manipulasi terhadap variabel bebas.

Variabel terikat ini sering disebut dependent variabel sebab memang fungsi mereka bergantung pada variabel bebas. Penelitian eksperimen pendidikan adalah sebuah penelitian yang dapat menjawab pertanyaan bila anda melakukan sesuatu terhadap keadaan yang dikendalikan secara
ketat apa yang akan terjadi ?. Untuk mengetahui apa ada perubahan / tidak terhadap sebuah kondisi yang di kontrol secara ketat, jadi anda membutuhkan perlakuan / treatment pada keadaan tersebut serta hal inilah yang dikerjakan terhadap penelitian eksperimen pendidikan. Maka penelitian eksperimen pendidikan bisa dikatakan sebagai teknik penelitian yang dipakai untuk mencari hubungan perlakuan pada yang lain di dalam kondisi yang telah terkendali ( Sugiono : 2010 ).

Menurut MacLin dan Solso : 2002, penelitian eksperimen pendidikan merupakan sebuah penelitian yang didalamnya ditemukan paling tidak 1 variabel yang diubah untuk mempelajari antara hubungan sebab-akibat. Oleh sebab itu, penelitian eksperimen pendidikan erat kaitannya di dalam menguji sebuah hipotesis. Maka, dengan kata lain sebuah penelitian eksperimen pendidikan pada prinsipnya bisa diartikan sebagai metode sistematis untuk membangun hubungan yang berisi fenomena sebab akibat / causal – effect relationship. Sebagai contoh hubungan antara sebab – akibat dibidang pendidikan misalnya, mahasiswa yang memiliki nilai matematika diatas rata – rata cenderung sukses dalam menyelesaikan mapel merencana mesin.

Penelitian eksperimen pendidikan terkadang dilaksanakan oleh peneliti untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang berhubungan dengan suatu hal bila dilakukan pada keadaan yang di kontrol dengan teliti. Sekian sedikit ulasan singkat tentang penelitian eksperimen pendidikan, semoga berguna.
Rating: 4.5