http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 08 Agustus 2013

Macam-Macam Penelitian

Macam-Macam Penelitian - Umumnya, Penelitian dapat diartikan sebagai salah satu proses analisis dan pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara sistematis dan juga logis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Macam-macam penelitian

1. Macam-macam penelitian berdasarkan pada pendekatan
Penelitian merupakan suatu proses untuk mencari kebenaran yang bisa menghasilkan dalil atau hukum. Selain itu penelitian juga merupakan proses untuk memecahkan suatu masalah dengan berdasarkan data yang didapat dari lapangan. Untuk permasalahan penelitian ini terdapat dua bentuk teknik penelitian yaitu :

Penelitian Kuantitatif

Penelitian ini merupakan penelitian ilmiah. Sehingga penelitian ini menggunakan metode ilmiah yang mempunyai kriteria seperti : bebas prasangka, berdasarkan fakta, menggunakan hipotesa, menggunakan prinsip analisa, menggunakan ukuran objektif dan juga menggunakan data kuantitatif.

Penelitian Kualitatif
Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya non ilmiah yang mana datanya bersifat kualitatif. Jadi penelitian ini bukanlah penelitian yang ilmiah melainkan penelitian yang sifatnya alamiah.


2. Macam-macam penelitian berdasarkan dari fungsinya

Penelitian ini secara umum memiliki dua fungsi yang utama yaitu dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan

juga memperbaiki praktek. Pada dasarnya penelitian di sini bisa dibedakan menjadi tiga macam yaitu :

Penelitian Dasar
Penelitian dasar atau yang biasa disebut dengan penelitian murni maupun pokok ini merupakan penelitian yang diarahkan kepada pengujian teori dengan sedikit atau malah tidak sama sekali menghubungkan hasilnya untuk keperluan praktek. Penelitian dasar dikerjakan tanpa harus memikirkan ujung praktis ataupun titik terapan, sementara hasil dari penelitiannya yaitu berupa pengetahuan umum serta pengertian mengenai hubungan-hubungannya.

Penelitian Terapan
Penelitian terapan ini pada dasarnya berkenaan dengan kenyataan praktis serta pengembangan pengetahuan yang didapatkan oleh penelitian dasar di kehidupan nyata.

Penelitian Evaluatif
Penelitian ini difokuskan kepada kegiatan dalam unit tertentu dan kegiatan tersebut bisa berupa proses maupun hasil kerja, program. Sementara untuk unit bisa berupa organisasi, tempat ataupun suatu lembaga.

3. Macam-macam penelitian berdasarkan dari tujuannya
Penelitian Deskriptif
Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan suatu keadaan secara apa adanya. Jadi di sini peneliti tidak melakukan manipulasi terhadap objek penelitian.

Penelitian Prediktif
Penelitian ini ditujukan untuk memperkirakan mengenai apa yang akan terjadi dengan berdasarkan hasil dari analisis kondisi sekarang.

Penelitian Importif
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan, memperbaiki dan menyempurnakan keadaan.

Penelitian Eksplanatif
Penelitian ini ditujukan untuk memberi penjelasan mengenai hubungan antar fenomena untuk variabel. Jadi penelitian ini berupaya untuk mencari korelasi di antara hal tersebut.
Rating: 4.5