http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 10 Agustus 2013

Bentuk Penelitian

Bentuk Penelitian - Secara umum penelitian bisa dibedakan dan dilihat dari beberapa aspek. Dimana, suatu bentuk penelitian itu dibuat, dilihat dan dibedakan. Beberapa aspek tersebut diantaranya aspek tujuan serta aspek metode.

1. Aspek Tujuan = bila mengacu terhadap perluasan ilmu, biasanya disebut dengan penelitian dasar. Bila mengacu terhadap pemecahan masalah serta untuk memperoleh manfaat bagi orang banyak umumnya disebut dengan penelitian terapan.

2. Aspek Metode = berdasarkan aspek metode, bentuk-bentuk penelitian dibagi menjadi beberapa sebagai berikut.

  • Penelitian deskriptif / penelitian praeksperimen = dalam penelitian ini, terdapat perlakuan eksplorasi yang digunakan untuk menggambarkan sebuah objek tertentu dengan jelas dan sistematis. Tujuannya adalah untuk memperkirakan gejala yang akan terjadi disebabkan dasar data yang didapat di lapangan.
  • Penelitian sejarah = penelitian ini hampir sama dengan penelitian deskriptif. Hal yang membedakan kedua penelitian ini adalah di penelitian sejarah untuk mendapatkan informasi dilakukan metode wawancara terhadap pelaku sejara, narasumber sejarah, misalnya tokoh masyarakat, para pemimpin, dan ahl sejarah yang berhubungan dengan sebuah peninggalan sejarah
  • Penelitian survey / penelitian normatif / penelitian status = dalam penelitian ini para peneliti memakai variabel serta populasi yang luas, tujuannya adalah sebagai bentuk awal dari penelitian, mengembangkan eksplorasi objek, serta melakukan klasifikasi terhadap suatu masalah yang akan diselesaikan.


  • Penelitian eksperimen = Penelitian ini adalah metode inti untuk model penelitian yang ada. Peneliti eksperimen melakukan 3 persyaratan penelitian, yaitu memanipulasi, observasi, dan mengontrol. Didalam penelitian ini, peneliti harus membagi objek yang sedang diteliti menjadi 2 grup, yaitu group perlakuan / yang mendapat perlakuan serta grup kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Penelitian ini biasanya dipakai di dalam bidang IPA, terutama biologi.
  • Penelitian kualitatif = sebuah penelitian yang fokus pada asumsi dan berdasarkan fakta. Penelitian ini mengacu pada kebenaran itu dinamis, serta bisa dicari tahu dengan cara mewawancarai orang-orang yang terlibat di dalam kondisi tersebut. Penelitian ini berdasarkan kesimpulan penelitian terhadap asumsi-asumsi interpretasi yang benar dan mengarah kepada fakta serta teori pendukung. Di dalam penelitian ini terdapat 5 karakteristik yaitu sebagai berikut :
  1. Sumber data diperoleh dari lingkungan alamiah
  2. Bersifat deskriptif analitik
  3. Menekan pada proses, tidak pada hasil
  4. Bersifat induktif
  5. Mementingkan makna.

Semoga ulasan tentang bentuk penelitian ini dapat membantu.
Rating: 4.5