Informasi-Pendidikan.com

Senin, 22 Juli 2013

Tata Tertib Guru

Tata tertib guru dibuat dengan tujuan supaya jadi pedoman untuk guru dalam menjalankan tugas, tanggung jawab, serta kewajibannya sebagai pengajar dan pendidik demi tujuan tercapainya pendidikan nasional yang sesuai dengan Pancasila serta UUD 1945. Guru mempunyai tanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas serta kewajiban menjalankan proses belajar mengajar secara aktif, efisien dan efektif.

Didalam tata tertib guru, seorang guru mempunyai tugas untuk menyusun program pembelajaran, menyusun silabus pembelajaran, menjalankan program pembelajaran. Guru juga bertugas untuk melaksanakan evaluasi hasil belajar mengajar dan mempunyai tanggung jawab atas tercapainya target kurikulum. Guru bertugas untuk mengadakan pengembangan di setiap bidang pendidikan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Tugas lain dari seorang guru adalah membuat analisis tentang hasil ulangan harian yang sudah dijalankan, menyusun dan menjalankan program perbaikan dan pengayaan, meneliti kehadiran siswa sebelum berlangsungnya pembelajaran, membuat dan menyusun lembar kerja untuk semua mata pelajaran yang memerlukannya. Guru bertugas untuk membuat catatan mengenai kemajuan hasil belajar tiap siswa.

Di dalam tata tertib guru juga dijelaskan tentang kewajiban seorang guru. Guru harus menyadari bahwa pendidikan merupakan bidang pengabdian kepada Tuhan, Tanah Air, Bangsa serta Negara sehingga seorang guru mempunyai berbagai kewajiban. Kewajiban guru antara lain adalah menjaga kode etik keguruan, mengikuti Upacara Bendera setiap hari Senin serta upacara hari besar nasional yang lain, menghadiri adanya rapat dinas yang dilaksanakan sekolah, membimbing murid seutuhnya.

Seorang guru juga wajib berpenampilan rapi dan sopan, menandatangani daftar hadir, masuk dan keluar kelas sesuai jam pelajaran. Guru wajib untuk turut mengamankan kebijakan Kepala Sekolah, membantu menegakkan disiplin sekolah dan peduli pada kebersihan, ketertiban, serta keindahan lingkungan sekolah.

Diwajibkan bagi seorang agar tidak merokok di lingkungan sekolah, menjalin hubungan kekeluargaan antar sesama warga sekolah. Guru harus mempunyai loyalitas dan dedikasi yang tinggi, sedia untuk menjalankan tugas yang diberikan oleh pimpinan sekolah, dan memberi laporan tentang pelaksanaan tugas yang sudah dilaksanakan oleh kepada Kepala Sekolah.
Rating: 4.5