http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 30 Juli 2013

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang di dalamnya tidak menggunakan model statistik, matematis atau komputer. Jadi penelitian tersebut dimulai dari menyusun beberapa asumsi dasar serta aturan berpikir yang nantinya akan digunakan di dalam penelitian. Selain itu metode penelitian kualitatif juga biasa disebut dengan metode penelitian naturalistik, hal ini dikarenakan dalam penelitian yang dilakukan itu dengan cara alamiah (natural).

Di dalam metode penelitian kualitatif sendiri terdapat 5 karakteristik yang menjadi pokok dalam penelitian tersebut, yaitu :

· Menggunakan lingkungan untuk sumber datanya

Misalnya seperti kondisi sosial yang akan dijadikan sebagai kajian utama dalam penelitian. Dengan pergi ke lokasi, kemudian mempelajari dan memahami situasi di sana. Jadi yang diamati sebenarnya tidak jauh dari konteks lingkungan tempat di mana tingkah laku tersebut berlangsung.

· Mempunyai sifat deskriptif analitik

Di sini semua data yang didapat dari lapangan disusun oleh peneliti, kemudian dilakukan analisa dengan membandingkan, mencari hubungan serta menentukan pola dari data aslinya. Dari analisa tersebut nantinya akan disusun dalam bentuk uraian naratif.

· Lebih menekankan pada
prosesnya (bukan hasil)

Jadi data yang dibutuhkan lebih berkenaan dengan beberapa pertanyaan seperti mengapa, apa serta bagaimana untuk mengungkap suatu proses dan bukan hasil dari kegiatan.

· Bersifat induktif

Penelitian tidak dilakukan secara deduksi melainkan dimulai dari kondisi lapangan yaitu fakta empirisnya.

· Mengutamakan makna

Makna yang ditekankan di sini seputar peristiwa.

Sementara berdasarkan penggunaannya, maka bisa dikemukakan mengenai tujuan dari penelitian kualitatif di bidang pendidikan yakni :

· Untuk menggambarkan proses suatu kegiatan pendidikan atas dasar yang terjadi sebenarnya di lapangan untuk bahan kajiannya yang nantinya berguna untuk menemukan kelemahan dan kekurangan pendidikan sehingga bisa ditentukan penyempurnaannya.

· Menafsir dan menganalisa suatu gejala, fakta serta peristiwa pendidikan yang tengah terjadi di lapangan dalam konteks ruang, waktu dan situasi secara alami.

· Menyusun hipotesa yang berhubungan dengan prinsip dan konsep pendidikan atas informasi dan data sebenarnya terjadi di lapangan yang berguna untuk kepentingan pengujian lanjutan dengan pendekatan kualitatif.

Yang menjadi kajian penelitian kualitatif di dalam suatu pendidikan yaitu erat kaitannya dengan proses bimbingan, pengajaran, manajemen atau pengelolaan kelas, pengawasan dan kepemimpinan pendidikan, upaya pengembangan kinerja profesi guru serta dan sebagainya. Selain itu penelitian kualitatif kerap digunakan dalam penelitian tindakan kelas dan dalam bidang pendidikan.
Rating: 4.5