http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 17 Juli 2013

Manajemen Guru

Manajemen guru tidak saja di mulai pada saat seseorang menjadi guru, namun jauh sebelum dia menjadi guru, yaitu dimulai sejak prajabatan. Proses manajemen seorang guru dan karyawan terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, seleksi, proses pelatihan, dan pengembangan, proses evaluasi prestasi dan promosi serta proses pemberhentian dan atau pensiun.

Perencanaan guru dan karyawan sangatlah penting. Hal ini tidak lepas dari berubahnya pandangan kepada sumberdaya manusia. Jika dulu tenaga kerja dilihat sebagai salah satu fakta produksi, namun kini dianggap sebagai rekan untuk mencapai tujuan organisasi. Perencanaan tersebut dimulai dengan analisis ketenagakerjaan. Analisis tersebut tentang deskripsi guru dan spesifikasi kerja. Deskripsi kerja menyangkut tentang tugas-tugas yang harus dilakukan oleh guru, dan spesifikasi kerja adalah tentang kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas tersebut.

Kelompok tenaga kerja kependidikan memberi rekomendasi agar memastikan bahwa calon-calon yang sesuai dengan kualifikasi saja yang direkrut sebagai guru. Rekrutmen calon guru tersebut harus berdasarkan hasil seleksi yang mengutamakan mutu calon. Seleksi dilakukan dengan melakukan berbagai tes untuk mendapatkan calon guru terbaik.

Seleksi atau penyaringan hanya dilakukan untuk pelamar yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Proses seleksi para calon guru disesuaikan dengan formasi yang tersedia serta latar belakang pendidikan. Agar memperoleh guru yang berkualitas maka seleksi dilakukan berdasarkan nilai test, yaitu tes kompetensi dan psikotest.

Manajemen guru yang berikutnya adalah mengenai penilaian dan evaluasi. Setiap tahun pekerjaan guru akan dinilai oleh kepala sekolah. Tujuannya adalah untuk mendapat bahan pertimbangan obyektif dalam pembinaan pegawai negeri sipil. Evaluasi tersebut harus dilakukan dengan adil, supaya mampu meningkatkan prestasi dan sikap profesional guru.

Pelatihan bagi guru ditujukan untuk menjaga serta meningkatkan prestasi. Sedangkan pengembangan dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi saat ini serta untuk masa yang akan datang. Evaluasi dalam manajemen guru sangat dibutuhkan untuk melaksanakan pelatihan serta pengembangan. Evaluasi bisa dilaksanakan melalui perbaikan pelatihan. Selain itu, juga diperlukan modifikasi supaya pelatihan yang akan dijalankan lebih efektif untuk meningkatkan kinerja guru.
Rating: 4.5