http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 20 Juli 2013

Karakteristik Guru

Karakteristik Guru - Guru di dalam proses belajar mengajar mempunyai peran untuk membantu supaya proses belajar mengajar siswa bisa berjalan dengan lancar. Seorang guru tidak menstransfer ilmu yang sudah dimilikinya, namun membantu siswa guna membentuk pengetahuannya. Seorang guru dituntut agar lebih memahami jalan pikiran dan cara pandang siswa. Guru haruslah profesional, kreatif dan menyenangkan dengan mengambil posisi sebagai orang tua yang penuh rasa sayang pada muridnya, teman sebagai tempat mengadu perasaan murid, fasilitator yang siap untuk melayani murid sesuai dengan minat serta bakatnya.

Ada berbagai macam karakteristik guru profesional. Yang pertama adalah taat pada perundang-undangan. Hal ini sesuai dengan kode etik guru Indonesia dimana guru melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Kebijaksanaan bidang pendidikan di Indonesia dipegang oleh pemerintah. Untuk hal ini seorang guru harus tahu tentang kebijakan pemerintah supaya bisa melaksanakannya. Baik untuk segala peraturan pelaksanaan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang ada di pusat atau oleh dinas pendidikan daerah.

Karakteristik guru profesional yang kedua adalah memelihara serta meningkatkan organisasi profesi. Secara bersama-sama, guru menjaga dan meningkatkan mutu organisasi guru sebagai bentuk pengabdian. Hal tersebut menunjukkan bahwa perananan suatu organisasi profesi sebagai sarana pengabdian sangatlah penting.

Organisasi profesi mempunyai peran untuk melakukan pengawasan mutu layanan atas suatu bidang profesional yang dilakukan secara kesejawatan, baik perorangan atau melalui organisasi profesi. Organisasi profesi diharapkan bisa melakukan pengawasan seperti yang dimaksud dan sudah siap untuk menjalankan fungsinya.

Sedangkan karakteristik guru yang ketiga adalah memelihara hubungan dengan teman sejawat. Di dalam kode etik guru disebutkan bahwa guru harus menjaga hubungan seprofesi, mempunyai semangat kekeluargaan, serta kesetiakawanan sosial. Untuk itu guru hendaknya bisa menciptakan dan memelihara hubungan dan semangat kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial ke sesama guru di dalam lingkungan atau di luar kerjanya.

Karakteristik atas seorang guru yang sangat disenangi oleh murid adalah demokrasi, kooperatif, baik hati, sabar, adil, konsisten, suka menolong, ramah, terbuka, suka humor, menguasai pekerjaan, fleksibel, peduli dan perhatian terhadap minat murid, mampu menciptakan suasana yang baik di tempat kerja.
Rating: 4.5