http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 16 Juli 2013

Karakter Guru

Dibutuhkan karakter guru yang baik agar bisa menjadi guru profesional. Sebuah karakter yang ditulis dalam buku memang tidak mudah untuk dipraktekkan apalagi berhubungan dengan banyak faktor yang lain. Berikut ini adalah karakter yang bisa menjadikan seorang guru menjadi guru profesional.

- Rendah hati

Rendah hati adalah karakter dimana seorang guru yang berpikiran terbuka akan mudah menerima hal-hal baru. Ditengah pesatnya pertumbuhan dan segala jenis akses informasi, maka semua orang harus belajar kembali dan mau menjadi seorang pembelajar. Kondisi ini membuat guru bisa menjadi mitra belajar yang menyenangkan bagi siswa maupun sesama guru. Dengan karakter rendah hati maka membuka jalan bagi masuknya ilmu baru.

- Pandai mengelola waktu

Guru merupakan seseorang yang bekerja dengan administrasi dan tugas mengajar yang banyak pada setiap minggunya, dituntut agar pandai mengelola waktu. Tidak hanya siswa dikelas yang punya hak terhadap guru, tapi juga keluarga di rumah juga memerlukan perhatian. Seorang guru diharapkan pandai
mengelola waktu untuk membedakan prioritas, mana yang mesti dikerjakan sekarang atau yang harus dikerjakan bertahap.

- Menghargai sebuah proses

Rasa bosan, lelah dan letih karena aktifitas akan hilang jika guru menghargainya sebagai proses. Proses tersebut adalah seperti perputaran alam semesta yang dirasakan. Jika merasakan bosan, gagal atau belum berhasil dalam mengajar maka hargailah usaha yang sudah dilakukan tersebut dan anggap semua adalah proses. Jika menyesal dan malas karena telah gagal maka yang terjadi siswa yang akan menjadi korban karena guru tampil biasa-biasa saja tanpa inovasi.

- Berpikiran terbuka

Ilmu pengetahuan dan informasi berkembang dan bertambah sangat pesat. Kini informasi ada di mana saja dan tersedia dengan mudah tinggal bagaimana seseorang dengan pikirannya mampu mencerna dan memanfaatkan. Karakter guru  yang berpikiran terbuka inilah yang bermakna pada saat ini untuk diterapkan. Dengan pikiran yang terbuka maka guru akan mudah untuk menerima perbedaan dan senang akan perubahan.

- Percaya diri

Rasa percaya diri sangat jauh berbeda dengan sombong. Seorang guru yang percaya diri akan berusaha sekuat tenaga mempersiapkan diri untuk mengajar. Dengan karakter guru yang percaya diri maka dia yakin sesulit apapun masalah yang muncul, hal tersebut akan memberikan pengalaman dan masukan baginya di masa depan.
Rating: 4.5