http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 11 Juli 2013

Interaksi Belajar Mengajar

Interaksi Belajar Mengajar - Hidup antara manusia berlangsung di dalam berbagai bentuk hubungan serta di dalam berbagai keadaan. Tanpa proses interaksi dalam hidup, maka manusia tidak mungkin dapat hidup bersama. Interaksi terdiri dari kata inter yang berarti antar dan aksi yang berarti kegiatan. Sehingga interaksi adalah kegiatan timbal balik.

Dari sisi terminologi interaksi berarti hal saling melakukan aksi saling berhubungan dan mempengaruhi. Interaksi selalu berhubungan dengan istilah komunikasi. Komunikasi berasal dari kata communicare yang artinya berpartisipasi dan memberitahukan. Dalam proses komunikasi maka dikenal adanya unsur komunikan serta komunikator.

Hubungan antara komunikan dan komunikator biasanya menginteraksikan tentang satu hal yang dikenal dengan istilah pesan atau message. Demi menyampaikan pesan dibutuhkan saluran atau media. Dalam komunikasi terdapat empat unsur yaitu adanya komunikan, adanya komunikator, isi pesan dan saluran atau media.

Apabila dikaitkan dengan proses

belajar mengajar, maka interaksi belajar mengajar adalah suatu hal yang saling melakukan aksi di dalam proses belajar mengajar yang di dalamnya ada suatu hubungan antara murid dan guru untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan dari interaksi tersebut adalah suatu hal yang sudah disadari serta disepakati sebagai milik bersama dan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan itu.

Belajar serta mengajar adalah dua konsep yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan pengajaran. Belajar cenderung kepada apa yang dilakukan oleh siswa sedangkan mengajar cenderung kepada apa yang dilakukan oleh guru sebagai pemimpin dalam belajar. Dua kegiatan itu menjadi terpadu dalam satu kegiatan ketika terjadi hubungan timbal balik atau interaksi antara guru dengan siswa pada saat pengajaran berlangsung.

Di pendidikan, interaksi belajar mengajar mempunyai sifat edukatif dengan maksud bahwa interaksi itu terjadi dalam rangka untuk mencapai tujuan pribadi untuk mengembangkan potensi pendidikan. Interaksi bertujuan untuk membantu pribadi anak mengembangkan potensi diri sepenuhnya sesuai dengan cita-citanya dan hidupnya bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri serta masyarakat dan negara. Di dalam interaksi tersebut harus ada perubahan tingkah laku dari murid sebagai hasil dari belajar. Interaksi belajar mengajar merupakan kegiatan timbal balik antara guru dengan murid.
Rating: 4.5