http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 21 Juli 2013

Cara Guru Mengajar

Cara guru mengajar menjadi penentu keberhasilan proses belajar mengajar. Guru yang mempunyai kemampuan untuk mengajar bisa merasakan bahwa di mana saja dia mengajar adalah hal yang menyenangkan. Peran seorang guru harus mampu memberi pengaruh pada muridnya melalui kepribadian.

Seorang guru yang menginginkan muridnya mengalami perkembangan harus melakukan pengamatan serta penelitian mengenai teori dan praktek mengajar sehingga dia bisa selalu meningkatkan cara dalam mengajar. Apabila seorang guru memahami dengan jelas pelajaran yang akan disampaikan, maka dia bisa meyakinkan siswa agar mereka percaya atas apa yang disampaikan guru. Siswa juga bisa tertarik terhadap pelajaran tergantung bagaimana cara guru menyampaikannya.

Cara guru mengajar yang baik adalah dengan mengetahui secara jelas obyek pengajaran. Jika pengajaran jelas sasarannya maka akan membuat murid bisa melihat dengan jelas maksud dari
pokok pelajaran tersebut. Murid bisa menangkap semua pelajaran, bahkan mereka mengalami kemajuan didalam belajar.

Hal yang harus diperhatikan saat memilih dan menuliskan sasaran pengajaran adalah inti sasaran harus disebutkan secara jelas, ungkapan yang penting dari sasaran pelajaran harus bertitik tolak dari konsep murid, sasaran pelajaran harus meliputi hasil belajar dan yang terpenting hasil dari sasaran bisa dicapai.

Inti dari pengajaran harus teratur dan sistematis. Perbanyak menggunakan contoh kehidupan pada saat melakukan pengajaran, perbanyak memakai contoh atau kiasan kehidupan sehari-hari atau dari apa yang pernah dialami. Dalam belajar bisa menggunakan ensiklopedia. Ensiklopedia adalah sebuah buku yang dipakai oleh ilmuwan, dimana di dalam ensiklopedia terdapat banyak penjelasan yang memakai gambar.

Pemahaman antara seorang guru dan siswa adalah syarat penting atas komunikasi. Dengan komunikasi yang baik maka penyaluran ilmu akan lebih efektif. Gunakan cara mengajar yang terbaik. Lakukan perubahan agar murid tidak bosan. Cara guru mengajar yang paling baik adalah dengan memakai cara mengajar yang mempunyai variasi dan fleksibel agar proses belajar lebih segar.

Cara mengajar yang efektif adalah menjadikan diri sendiri sebagai teladan hidup untuk menuturkan kebenaran. Cara ini adalah cara yang paling berpengaruh. Seseorang akan berwibawa jika ada keselarasan antara teori dan praktek.
Rating: 4.5