http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 23 Februari 2013

Ukuran lapangan futsal standar nasional

Pernah melihat lapangan futsal atau bahkan pernah bermain futsal. Apakah kalian mengetahui berapa ukuran lapangan Futsal. Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau dari kayu. Jangan menggunakan batu bata atau beton untuk lantai futsal karena akan berbahaya ketika terjatuh. lalu berapa ukuran dari lapangan futsal. Sebenarnya bisa dilihat dari gambar diatas namun supaya lebih jelas simak penjelasan berikut ini :

Panjang lapangan 25 – 42 meter, lebar lapangan 15 – 25 meter.

Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut garis pembatas lapangan, dan dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang.

Lebar seluruh garis adalah 8 cm.

Lapangan dibagi menjadi dua bagian pada bagian tengah lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan radius 3 meter.

Daerah seperempat lingkaran di depan garis gawang memiliki radius 6 meter.

Titik penalti berada 6 meter dari titik tengah garis gawang.

Titik penalti kedua berada 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal.

Titik tendangan pojok

memiliki radius 25 cm, di setiap sudut lapangan.

Ukuran lapangan futsal standar nasional – Olah raga futsal pada saat ini memang sedang banyak di gemari dan di gandrungi oleh banyak orang. Karena hal inilah ada banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong membangun lapangan futsal sebab pada saat ini olah raga futsal sedang naik daun dan akan sangat baik sekali untuk memanfaatkan hal ini menjadikan hal yang menguntungkan. Apa bila anda salah satu dari mereka yang ingin membangun lapangan futsal maka anda perlu mengetahui ukuran lapangan futsal standartnya agar lapangan futsal anda nantinya dapat menghasilkan sesuai dengan yang anda harapkan.




Ukuran standar untuk lapangan futsal internasional adalah :




Panjang: 38 hingga 42 m.




Lebar: 18 hingga 25 m.




Adapun ketetapan untuk sebuah lapangan Futsal adalah :




Apa bila pada garis gawang antara 15 hingga 16 meter, memiliki radius seperempat lingkaran hanya akan diukur sebesar 4 meter saja . Dalam hal ini pada titik penalti tidak lagi ditempatkan di garis yang dibatasi daerah penalti, akan tetapi berada di jarak 6 meter dari titik tengah antara posisi kedua buah tiang gawang.




Untuk garis bisa digambarkan pada luar lapangan, 5 meter dari sudut lapangan serta pada sudut kanan dan juga kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini bisa diamati jika tendangan sudut telah dilakukan. Untuk lebarnya garis ini 8 cm.




Untuk dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 meter pada kanan serta kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan pada saat tendangan bebas telah dilakukan dari titik penalti kedua.




Pada tempat duduk pemain dari cadangan berada pada belakang garis pembatas lapangan, yang tepat di samping daerah bebas yang berada pada depan meja pencatat waktu.




Demikian artikel dari kami tentang Ukuran lapangan futsal standar nasional yang semoga saja dapat menambah wawasan anda dan juga berguna bagi anda yang membutuhkannya.Terima Kasih.
Rating: 4.5