http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 23 Februari 2013

Ukuran Gawang Permainan Futsal

Pada saat ini olah raga futsal menjadi semakin popular dan semakin banyak digemari. Semakin banyaknya pecinta olahraga futsal ini menjadikan peluang bagi para pebisnis untuk membuka bisnis lapangan futsal. hal ini telah terbukti dengan semakin banyaknya lapangan futsal yang berdiri baik itu secara indoor maupun outdoor. Sebelum anda membuka bisnis lapangan futsal anda perlu memperhatikan tentang ukuran lapangan futsal, termasuk juga ukuran gawang futsal. Apa bila anda masih awam mengenai futsal, maka artikel dari kami ini akan sangat membantu bagi anda yang sedang mencari tahu mengenai ukuran gawang futsal. Sama seperti permainan sepak bola, Gawang futsal juga memiliki ukuran yang telah ditentukan secara nasional dan bahkan internasional. Berikut ini ukuran dari gawang futsal :

1. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar dengan posisi vertikal dan memiliki jarak yang sama dari setiap sudut. Pada sisi atasnya dihubungkan dengan tiang horizontal.
2. Gawang harus diletakkan tepat pada bagian tengah masing-masing garis gawang.
3. Jarak kedua tiang vertikal atau lebar gawang adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang, dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan atau disebut juga dengan tinggi gawang adalah 2 meter yang diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
4. Tiang vertikal dan tiang horizontal memiliki diameter 8 cm.
5. Jaring gawang terbuat dari tali nilon,rami atau goni, yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.
6. Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung ke arah sisi luar lapangan, paling sedikit 80 cm di bagian atas serta 100 cm pada bagian bawah
7. Bentuk penampang tiang adalah kotak dan llingkaran, dan bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena relatif lebih aman jika terjadi benturan serta pantulan bola dengan tiang, penampang bundar juga lebih menghasilkan arah yang akurat.

Selain ukuran gawang, anda juga harus memperhatikan ukuran lapangan futsal, berikut adalah ketetapan untuk ukuran lapangan futsal :

Apabila garis gawang antara 15 hingga 16 m, pada radius seperempat lingkaran hanya akan diukur sebesar 4 m. Di dalam hal ini pada titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi oleh daerah penalti, akan tetapi berada pada jarak 6 meter dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.

Garis bisa digambarkan di sisi luar lapangan, 5 meter dari sudut lapangan dan juga pada sudut kanan serta kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini bisa diamati apabila tendangan sudut ini dilakukan. Dan Lebar garis ini adalah 8 cm.

Dua buah garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 meter di kanan dan kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.

Untuk Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, letaknya tepat di samping daerah bebas yg berada di depan meja pencatat waktu (time keeper)

Demikian artikel dari kami mengenai Ukuran Gawang Pemain Futsal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.
Rating: 4.5