http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 27 Februari 2013

syarat klaim pencairan jamsostek

Jamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja merupakan program publik yang memberikan jaminan perlindungan kepada tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang pelaksanaanya menggunakan prosedur asuransi sosial. Ketika anda ingin melakukan klaim dana jamsostek, maka sebelum berangkat ke kantor jamsostek sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu. Klaim jamsostek hanya bisa dilakukan setelah 5 tahun keanggotaan kalian dengan jamsostek dan telah menjalani masa tenggang selama 6 bulan, dari kantor terkahir anda bekerja.

Bagaimana Syarat klaim pencairan jamsostek, apakah susah? Beberapa orang berpikir bahwa pencairan dana jamsostek mungkin akan rumit dan susah, sehingga mereka ragu untuk melakukan klaim jamsostek tersebut. Sebenarnya untuk melakukan pencarian dana jamsostek tidak serumit dan sesusah yang anda bayangkan. Asal anda memenuhi syarat dan mengikuti peraturan yang ada maka proses pencairan dana ini akan mudah saja. Dana dari jamsostek dapat dicairkan diseluruh kantor cabang jamsostek.

Lalu syarat apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan klaim jamsostek? Berikut adalah syarat atau berkas yang harus anda siapkan sebelum melakukan klaim jamsostek :

1. Kartu jamsostek asli yang sudah non aktif atau KPJ (Kartu Peserta
Jamsostek).

Jika kartu jamsostek anda masih aktif anda bisa menghubungi HRD tempat anda bekerja dulu untuk menonaktifkan kartu jamsostek anda.

2. Fotocopy Kartu Keluarga ( KK ) 2 lembar dan menunjukan yang aslinya.

3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) sebanyak 2 lembar, membawa KTP asli juga.

4. Surat referensi / Surat Pengalaman Kerja / Surat pernyataan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut Asli dan fotocopy 1 lembar .

Itulah syarat atau berkas-berkas yang harus anda bawa untuk pencairan dana jamsostek. Setelah semua syarat sudah disiapkan anda bisa langsung datang ke kantor cabang jamsostek terdekat. Biasanya pada saat pertama masuk anda akan di sambut oleh petugas satpam atau security yang akan menanyakan keperluan anda dan akan memberikan informasi atau petunjuk pada anda kemana anda harus mengurusnya.

Setelah semua syarat dikumpulkan biasanya anda harus mengantri terlebih dahulu, dan jika semuanya sudah dicek kelengkapannya oleh petugas, maka anda akan diminta untuk mengisi formulir Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (Formulir Jamsostek 5). Setelah semuanya didisi dengan lengkap, petugas akan membantu merapihkan berkas anda dan anda akan diberikan nomor antrian untuk menunggu panggilan dibagian kasir untuk mengambil dana jamsostek anda.

Pokoknya ikuti saja semua petunjuk yang di instruksikan oleh petugas, pasti semuanya akan dipermudah. Setelah nama anda di panggil di bagian kasir, anda akan diminta untuk menanda tangani beberapa kwitansi, setelah itu anda sudah bisa membawa pulang uang jamsostek anda. Mudah bukan?

Demikian informasi tentang pencairan dana jamsostek, semoga bermanfaat dan membuat anda tidak ragu lagi mencairkan dana jamsostek anda karena sudah mengetahhui apa saja yang harus anda siapkan.
Rating: 4.5