http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 01 Februari 2013

Sejarah Danbo - Boneka Berekpresi

Apa sobat mengetahui gambar diatas?Gambar diatas adalah boneka danbo. Boneka yang bisa memberikan ekspresi. Lalu apa sobat mengetahui sejarah danbo?Saya semula juga tidak mengetahui apa itu danbo,darimana danbo berasal. Setelah googling saya mendapatkan informasi mengenai danbo. Danbo berasal dari kata Danboard yang berarti terbuat dari kertas kardus. Danbo diambil dari manga karangan Azuma Kiyohiko yaitu Yotsuba. Dalam manga diceritakan si Yotsuba ini pergi ke kamar kakaknya yang sedang ngerjain proyek waktu senggangnya. Nah, selanjutnya Yotsuba ini ketemu ama temen kakaknya yang sedang pake baju robot dari kardus. Dari manga tersebut dibuatlah danbo dengan ukuran seperti action figure.

Sejarah danbo – boneka berekspresi yang disukai banyak orang ini merupakan kependekan dari danbord, dengan artian kardus. Lebih dikenal dengan nama danbo karena berasal dari tokoh dari karya manga dengan judul yotsuba. Pengarangnya adalah Azuma Kiyohiko yang berasal dari Negara sakura, Jepang. Dikisahkan dalam komik tersebut, ada seorang anak kecil dengan nama yotsuba. Anak tersebut belajar tentang lingkungan sekitar dengan bantuan bimbingan dari ayahnya, teman dan tetangga sekelilingnya.

Didalam bagian pada komik tersebut, terdapat sebuah kisah yang menceritakan bahwa yotsuba hendak pergi ke sebuah kamar yang terdapat kakaknya sedang mengerjakan proyek pada waktu senggang. Kemudian si yotsuba ingin sekali bertemu dengan teman kakaknya yang waktu itu sedang menggunakan pakaian robot yang dibuatnya dari kardus.

Sejarah danbo – boneka berekspresi seperti manusia ini dibentuk sangat mirip seperti action figure dengan berbagai karakter dapat dibuatnya. Ukuran yang ada pada danbo ini sangat mini sekitar tujuh hingga tiga belas senti meter. Membuat semua orang yang melihatnya menjadi gemas, karena danbo dapat membuat ekspresi dengan berbagai gaya dan bisa digerakkan manual. Ekspresi yang dibuat imut seakan-akan mampu menarik siapa saja untuk melihatnya. Perusahaan sengaja membuat danbo dengan teknologi canggih dan pada setiap sendinya dibuat gerakan agar boneka tersebut mampu bergerak secara luwes.

Pada serial manga, boneka kecil ini bisa digerakkan jika koin telah dimasukkan di dalam mulutnya. Penjualan danbo di Negara jepang berkisar lima ribu yen, atau dalam Indonesia hampir lima ratus ribu rupiah. Awalnya danbo ini hanya sebagian rakyat Jepang saja yang mengenalinya, karena memang sengaja dibuat dan diproduksikan oleh warga Jepang. Tidak lama kemudian, hal ini dipasarkan melalui situs internet agar semua orang dapat melihat seperti apa gambar boneka ini, meskipun belum mengetahui kerja dan gerak dari danbo. Dan pada akhirnya warga Jepang tersebut memperlihatkan pada dunia dengan mengadakan acara-acara yang sengaja menggunakan danbo sebagai pertunjukannya.

Sejarah danbo – boneka berekspresi dan berbentuk mungil, saat ini dapat ditemukan gambarnya dimana saja, dan telah dikenal hampir diseluruh dunia. Telah banyak yang memakai icon danbo untuk sebuah produk atau ekspresi yang sedang dialami.

Danbo telah menarik hati setiap orang yang melihatnya. Bagaimana tidak boneka ini seolah mempunyai ekspresi. Terlihat pada gambar diatas danbo berekspresi bingung. Dari kelucuan dan bisa dibuat ekspresi inilah banyak para fotografer membuat foto danbo dengan berbagai ekspresi. Pada postingan lain saya akan memberikan 50 gambar danbo yang menggemaskan. Kali ini kita hanya membahas masalah sejarah danbo.

Jika sobat menginginkan danbo, bisa dicari dikaskus dengan harga yang murah atau mau buat sendiri. Banyak template danbo di google. Mungkin lain kali saya akan menambahkannya.

terima kasih telah berkunjung.
Rating: 4.5