http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 07 Februari 2013

Sejarah Asal Usul berdirinya Relief Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi budha terbesar didunia. Candi ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang merupakan salah satu icon kebanggan Indonesia. Candi Borodudur terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya berada 100 km di barat daya Semarang, 86 km di barat Surakarta, dan 40 km di barat laut Yogyakarta. Pada tahun 950 M, lahar dingin dari letusan gunung berapi yang dahsyat mampu mengubur candi Borobudur hingga tahun 1814. Candi Borobudur kembali ditemukan pada masa penjajahan Inggris di Indonesia oleh Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles. Ia sangat menyukai sejarah jawa, karenanya begitu mengetahui tentang adanya penemuan benda raksasa purbakala, ia menyuruh H.C. Cornelius yang merupakan insinyur dari belanda untuk segera mencari keberadaan bangunan yang berbentuk bukit itu.

Candi Borobudur dibangun pada tahun 800M yaitu pada puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah. Pembangunan Borobudur ini menghabiskan waktu hingga 100 tahun. Luas Candi Borobudur yaitu 123 x 123 m dengan tinggi 34,5 m dan memiliki 1460 relief, 72 stupa, dan 504 Arca Buddha. Candi Borobudur mempunyai 10 tingkat yang melambangkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha. 10 tingkat tersebut terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar, dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.

Relief pada candi Borobudur menggambarkan kegiatan kegiatan orang terdahulu, yang dibuat dengan sangat indah dan halus. Ada banyak gambar ditampilkan dalam Relief Borobudur, misalnya kaum bangsawan berhati baik, pertapa, rakyat jelata, aneka hewan dan tumbuhan, dan juga bangunan vernakular tradisional Nusantara. Candi Borobudur diibaratkan sebagai kitab jawa kuno yang merekam semua aspek kehidupan. Pada abad 8 dan 9, para Arkeolog berlomba-lomba mencermati setiap ukiran relief candi guna meneliti kehidupan pada masa lampau. Bentuk lumbung, rumah panggung, perhiasan, istana, candi, busana, persenjataan, aneka margasatwa, tumbuhan dan alat transportasi, dicermati oleh setiap peneliti. Relief yang terkenal adalah relief kapal Borobudur yang merupakan kebudayaan purbakala. Relief ini mempunyai cadik khas nusantara dan replikanya saat ini tersimpan di museum Samudera Raksa (utara candi borobudur)

Berikut adalah susunan candi Borobudur:
Bagan Relief
Tingkat
Posisi/letak
Cerita Relief
Jumlah Pigura
Kaki candi asli
-----
Karmawibhangga
160
Tingkat I
dinding
a. Lalitawistara
120
b. jataka/awadana
120
langkan
a. jataka/awadana
372
b. jataka/awadana
128
Tingkat II
dinding
Gandawyuha
128
langkan
jataka/awadana
100
Tingkat III
dinding
Gandawyuha
88
langkan
Gandawyuha
88
Tingkat IV
dinding
Gandawyuha
84
langkan
Gandawyuha
72
Jumlah
1460

Rating: 4.5