Informasi-Pendidikan.com

Rabu, 13 Februari 2013

Pencipta Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Liberty Manik, adalah pencipta salah lagu Nasional Indonesia yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa”. Adapun Lirik Lagunya adalah:

Satu Nusa Satu Bangsa

Satu nusa

Satu bangsa

Satu bahasa kita

Tanah air

Pasti jaya

Untuk Selama-lamanya


Indonesia pusaka

Indonesia tercinta

Nusa bangsa

Dan Bahasa

Kita bela bersama


Lirik yang sekilas tampak sederhana, ternyata mempunyai isi kandungan lagu yang sangat kental akan peristiwa Sumpah Pemuda. Seperti yang diketahui bahwa para pemuda berikrar bahwa mereka tidak hanya mengakui berbangsa satu saja, namun mereka juga mengakui sebagai satu nusa dan satu bahasa.

Makna Satu Nusa

Satu nusa memiliki makna bangsa Indonesia mengaku hanya bertanah air satu, tanah air Indonesia. Sedangkan Nusa diartikan pulau atau bisa juga diartikan tanah tumpah darah, tanah air, tanah dimana tempat kita tinggal.

Walaupun Indonesia mempunyai ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke yang dipisahkan oleh lautan, namun tetap satu tanah air, yaitu Indonesia. Hal ini membuat semangat persatuan semakin kuat sehingga membuat kesatuan bangsa semakin kokoh dalam satu wadah NKRI.

Makna Satu Bangsa

Satu Bangsa memiliki arti meskipun bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa dengan keanekaragaman budaya, namun rakyat Indonesia tetap mengaku berbangsa satu, yaitu Bangsa Indonesia.

Walaupun banyak suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda di wilayah Indonesia,namun seluruh suku tetap mempunyai kesamaan yaitu pernah sama-sama dijajah bangsa asing dalam waktu yang tidak sebentar. Karenanya, mereka bertekad untuk sama-sama meraih segala bentuk kemerdekaan dari berbagai bentuk penjajahan.

Adanya kesamaan tekad itulah yang membuat rakyat merasakan satu bangsa yang sebenarnya yang mencetus lahirnya lambang Bhineka Tunggal Ika yang dijadikan semboyan gambaran tentang kondisi bangsa Indonesia yang walaupun berbeda-beda, namun tetap satu jua.

Nusantara memiliki arti sebagai suatu kesatuan wilayah kepualauan di antara pulau-pulau Indonesia. Ada lima kepulauan besar yang dimiliki Indonesia, yaitu: Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua. Selain itu, pulau-pulau kecil juga banyak ditemukan dengan berbagai keragaman yang dimilikinya. Misalnya saja, budaya, agama, suku bangsa, adat istiadat, bahasa daerah.

Makna Satu Bahasa

Suku bangsa yang tersebar mempunyai bahasa daerah mereka masing-masing, karenanya mereka menggunakan bahasa daerah tersebut untuk komunikasi dalam keseharianya. Sebagai contoh, Suku Sunda menggunakan bahasa Sunda, Suku Jawa menggunakan bahasa Jawa, dan Suku Batak menggunakan bahasa Batak.

Perbedaan bahasa yang dimiliki setiap suku tidak jarang menimbulkan kesulitan bagi mereka dalam berkomunikasi dengan suku lain. Oleh karenanya, bangsa Indonesia mempunyai bahasa persatuan yaitu, bahasa Indonesia. Bahasa ini menjadi jembatan komunikasi antar suku di Indonesia, sehingga bahasa Indonesia di junjung tinggi oleh semua suku bangsa di Indonesia.

Satu nusa bermakna bahwa setiap orang harus merasa mempunyai satu tanah air yang sama, tanah air Indonesia.

Satu bangsa bermakna meskipun suku kita tidak sama , namun kita tetap satu bangsa, bangsa Indonesia.

Satu bahasa bermakna bahwa kita harus mewujudkan persatuan bangsa. Kita wajib menggunakan bahasa pemersatu (bahasa Indonesia) untuk menyatukan antar suku bangsa.

Setelah memahami arti lagu Satu nusa Satu Bangsa, mari sekilas kita bahas mengenai penciptanya Liberty Manik.

Liberty Manik adalah pria berketurunan batak, lahir di Sidikalang (Sumatera Utara). Ia meninggal pada usia 69 tepatnya pada tanggal 16 september 1993. Ia berhasil meraih Gelar doktor filsafat dengan magna cum laude di Universitas Frein, Jerman dengan judul disertasi “Das Arabische Tonsysten Im Mittelalter” yang merupakan pengkajian dari kitab-kitab music filsuf muslim seperti Al-Farabi, Al-Kindi, dan Ihwan al-Safa. Sayangnya, tidak semua orang mengetahuinya.

Liberty Manik menghabiskan sepanjang hidupnya sebagai pencipta lagu dan juga pengajar musik di Institut Seni Indonesia (Yogyakarta). Ia sangat mendalami musik khas batak seperti Gondang, karenanya ia dikenal sebagai ahli bahasa (filolog) batak kuno.
Rating: 4.5